Kue Kering Terpopuler 2017: Cara Membuat Kue Semprit Enak Dan Gurih. Selain Kue Nastar Keju, Kue Kering Semprit yang berbentuk seperti bunga mawar yang mekar juga adalah salah satu variasi kue kering lebaran yang wajib ada. Selain rasanya yang renyah dan gurih, kue kering satu ini juga mempunyai bentuk yang pas sekali untuk di masukkan ke dalam mulut kita. Tetapi untuk kali ini saya akan mengajak teman teman untuk mencoba membuat Resep Kue Semprit Mawar yang biasanya kita temukan di toples toples di ruang tamu saat silaturahmi lebaran.

Tidak hanya cocok untuk hidangan di saat Lebaran, Resep kue kering semprit yang renyah dan gurih ini juga bisa dijadikan teman untuk minum teh atau kopi. Apalagi kalau di saat semua anggota keluarga berkumpul sambil menikmati acara TV atau ngobrol bebas. Selain itu rasanya yang gurih dan renyah juga membuat kue kering satu ini bisa dijadikan camilan di saat perjalanan mudik atau saat ada acara arisan atau acara keluarga yang lain. Memang untuk membuatnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar tetapi apabila teman teman tidak sibuk dan punya waktu luang yang cukup (saat weekend buat pekerja), acara membuat kue semprit ini cukup mengasyikkan. Apalagi kalau semua anggota keluarga ikut membantu. Selain lebih berhemat, kesibukan seperti ini bisa menambah kehangatan dan keakraban antar aggota keluarga.


Cara membuat kue semprit memang membutuhkan waktu agak lema namun bahan yang digunakan sangat mudah didapat. Berikut cara membuat kue semprit enak dan gurih.

Bahan bahan Resep Kue Semprit Renyah

  • Tepung Maizena atau Tepung jagung sebanyak 40 gram.
  • Vanili bubuk sebanyak seperempat sendik kecil atau sendok teh.
  • Gula Pasir Bubuk atau Gula Halus sebanyak 150 gram.
  • 2 butir telur ayam. Pisahkan bagian kuning telur dan putih telurnya. Yang dibutuhkan nanti adalah 2 butir kuning telur dan 1 butir putih telurnya.
  • Mentaga sebanyak 200 gram.
  • Kismis secukupnya atau kurang lebih 90-110 gram. Bahan kismis untuk hiasan di atas kue bisa diganti dengan selain strawbery atau selai nanas.
  • Tepung terigu yang mempunya kadar protein sedang sebanyak 380 gram.

Cara membuat Resep Semprit Gurih dan Enak

  1. Ambil satu wadah untuk mencampurkan 40 gram tepung maizena dan tepung terigunya. Campur sampai rata dan ayak.
  2. Ambil lagi satu wadah kecil. Masukkan putih telur dan rendam kismis di dalamnya.
  3. Ambil tempat lagi yang ukurannya cukup besar. Masukkan 200 gram margarin, 150 gram gula bubuk, vanili dan 2 butir kuning telur ayamnya. Kocok dan mixer semua bahan di atas sampai rata.
  4. Masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung terigu dan tepung maizena di atas sambil tetap di aduk. Ulangi sampai campuran tepung habis dan semua bahan tercampur sempurna dan tidak ada gumpalan.
  5. Olesi loyang yang akan di gunakan untuk memanggang kue dengan sedikit margarin supaya tidak lengket.
  6. Siapkan plastik buat membuat cetakan kue kering sempritnya. Masukkan bahannya ke dalam plastiknya dan semprot berbentuk seperti bunga mawar yang merekah sampai semua loyang terisi adonan setengah jadi.
  7. Ambil satu kismis atau selai strawberynya. Letakkan di atas kue tepat di tengahnya.
  8. Masukkan ke dalam oven dengan suhu sekitar 165 derajat sampai 175 derajat. Panggang kurang lebih sekitar 21 menit sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan.
  9. Tunggu Kue Kering Sempritnya dingin terlebih dahulu sebelum di masukkan ke dalam toples kue kering yang kedap udara.

Demikian tadi cara membuat kue semprit yang enak dan gurih sebagai sajian pelengkap teman minum the atau sebagai sajian untuk lebaran. Semoga resep diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Baca Juga: Kue Bawang, Camilan Lebaran Yang Enak Dan Renyah [YuQe-WartaSolo.com]