Pokcoy Saus Tiram, Sajian Sederhana Penuh Manfaat Cocok Untuk Menu Sahur. Bagi anda yang gemar menikmati sayuran mungkin tidak asing lagi dengan nama pokcoy atau pakcoy. Pokcoy merupakan sayuran hijau yang termasuk dalam keluarga besar sawi yang ada di Indonesia. Nama pokcoy sendiri sudah cukup dikenal sebagai bahan pembuatan sajian yang lezat dan juga mudah didapat. Pokcoy dikenal sebagai sawi sendok dengan daun lebar dan berbatang cukup besar. Kandungan nutrisi dan manfaat pokcoy sangat banyak bagi tubuh. Ini menjadi alas an kenapa pokcoy sangat disukai.

Berbicara lanjut mengenai pokcoy, berikut kami sajikan sebuah resep yang mungkin bisa anda coba ikuti dan buat di dapur rumah masing-masing. Dengan bahan dasar pokcoy dipadu dengan bumbu yang tepat anda bisa membuat sebuah sajian sedap dan nikmat serta bernutrisi tinggi unutk sajian makan anda bersama keluarga dan sangat cocok untuk teman sahur anda. Karena saat sahur tubuh memerlukan banyak energy untuk seharian.


Resep satu ini bernama pokcoy saus tiram. Menu satu ini mencoba menghadirkan menu pokcoy yang dipadu engan bumbu saus tiram yang sangat lezat sehingga mampu membangkitkan selera makan anda pada saat sahur.

Bahan membuat pokcoy saus tiram

  • 4 batang sayuran pokcoy, Pilih yang masih segar dan bagus
  • ½ buah bawang bombay potong tipis
  • 1 sendok teh tepung maizena
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan saus tiram
  • Gula Pasir secukupnya
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya

Langkah Pembuatan pokcoy saus tiram

  1. Siapkanlah terlebih dahulu sayuran pokcoy yang hendak anda olah menjadi sebuah sajian sedap, kemudian bersihkan dengan menggunakan air mengalir.
  2. Siapkan air dalam panci secukupnya (kurang lebih 1 liter) kemudian anda bubuhkan garam ke dalam air tersebut.
  3. Setelah siap kemudian anda masukan pokcoy ke dalamnya dan rebus dengan api sedang selama kurang lebih 5 menit, lalu angkat dan triskan sejenak.
  4. Ambil bawang putih, merah dan bombay kemudian iris kasar semua bahan tersebut, lalu sisihkan.
  5. Siapkan minyak panas dalam wajan kemudian mulai tumis bahan-bahan tersebut sampai tercium aroma harum masakan.
  6. Masukan saus tiram kemudian disusul dengan memasukan tepung maizena ke dalam wajan masakan anda tersebut, kemudian aduk terus sampai mengental.
  7. Setelah dirasa cukup anda bisa mematikan api.

Cara Menyajikan

  1. Ambil piring saji kemudian anda letakan rebusan pokco di atasnya. Tata sedemikian rupa agar terlihat menarik.
  2. Ambil tumisan bahan saus dari wajan masakan anda yang tadi sudah diolah kemudian anda siramkan kuah tersebut di atas pokcoy anda tersebut.
  3. Sajikan selagi hidangan masih hangat agar bertambah kelezatannya.

Anda bisa menambahkan aneka sayuran misalnya wortel, brokoli yang akan menambah kenikmatan sayur pokcoy saus tiram ini. Demikian resep mengenai pokcoy saus tiram semoga resep diatas bermanfaat, selamat mencoba. Baca Juga: Fuyunghay Khas China Yang Cocok Untuk Teman Bersantap Sahur [YuQe-WartaSolo.com]