Ikan Teri dan Kandungan yang Ada di Dalamnya, Ternyata Tidak Sebanding

Ikan Teri dan Kandungan yang Ada di Dalamnya, Ternyata Tidak Sebanding

Ikan Teri dan Kandungan yang Ada di Dalamnya, Kaya Sekali Ternyata. Ikan teri adalah salah satu ikan yang paling familiar di negeri Indonesia. Hasil laut yang melimpah negara perairan sudah sangat wajar menikmati aneka olahan ikan teri. Penduduk Indonesia hampir pernah merasakan olahan dengan bahan dasar teri ini. Aneka masakan ikan teri mulai dari peyek, makanan teri kering, teri basah, teri nasi, dan masih banyak lainnya.


Selain harga yang terjangkau dan familiar di dapur kita. Ikan teri merupakan salah satu hasil laut yang murah meriah. Ikan teri juga bisa di masak beraneka jenis sambal teri nan nikmat dan khas. Ikan teri merupakan salah satu jenis ikan laut yang kandungan proteinnya cukup tinggi. Protein ini yang akan membuat alergi sobat menjadi semakin parah.

Apa itu ikan teri sebenarnya? Ikan teri atau ikan bilis adalah sekelompok ikan laut kecil anggota suku Engraulidae. Nama ini mencakup berbagai ikan dengan warna tubuh perak kehijauan atau kebiruan. Walaupun anggota Engraulidae ada yang memiliki panjang maksimum 23 cm, nama ikan teri biasanya diberikan bagi ikan dengan panjang maksimum 5 cm.

Tidak sebanding bila harga ikan teri dijejerkan dengan manfaatnya. Itulah keajaiban ikan teri dari Tuhan. Bentuknya juga sangat kecil diantara jenis ikan konsumsi yang lain. Walaupun harganya murah dan dengan bentuk yang super kecil, manfaat ikan teri ini sangat banyak. Ternyata ikan teri ini mengandung zat gizi yang sangat tinggi.

Kandungan Gizi Ikan Teri

Kayanya gizi pada ikan teri membuat supply nutrisi makanan kita aman. Kandungan protein tertinggi pada ikan teri terdapat saat ikan masih dalam bentuk yang basah, bukan ikan teri yang sudah diasinkan. Ikan teri yang sudah diasinkan kandungan proteinnya sudah banyak yang hilang karena proses pengeringan.

Tapi dalam ikan teri yang sudah kering dan diasinkan juga masih mengandung zat gizi terlebih protein yang masih cukup banyak. Manfaat ikan teri bagi kesehatan tubuh ini tidak lepas dari banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan teri.

Beberapa daftar kandungan ikan teri ini antara lain:

1. Protein

Protein yang terkandung dalam 100 gr ikan teri segar sekitar 10,3 gr protein. Protein itu sendiri mempunyai manfaat yang sangat penting seperti pembentukan massa otot, menambah kekuatan dan juga daya tahan tubuh, baik untuk massa pertumbuhan.

2. Kalsium dan Fosfor

Kalsium yang terkandung dalam ikan teri ini cukup tinggi, yaitu sekitar 972 mg kalsium dalam setiap 100 gr ikan teri. Kandungan kalsium dalam ikan teri ini cukup untuk menggantikan susu dalam memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Kalsium itu sendiri sangat penting untuk kesehatan tulang.

Beberapa manfaat kalsium yang lain diantaranya: Menjaga kesehatan tulang dan gigi, memperkuat tulang, dan mencegah keropos tulang (osteoforosis).

Sama seperti kalsium. fosfor ini juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Dalam 100 gr ikan teri segar, terdapat kandungan fosfor sekitar 252 mg.

3. Zat besi

Selain protein, kalsium dan fosfor, kandungan zat besi dalam ikan teri juga tergolong lumayan tinggi. Dalam 100 gr ikan teri segar, mengandung sekitar 3,9 mg zat besi. Zat besi ini mempunyai manfaat yang sangat penting untuk tubuh, diantaranya untuk mencegah anemia.

4. Vitamin

Vitamin A. Bukan cuma wortel, ikan teri juga mempunyai kandungan vitamin A walaupun tidak sebanyak buah buahan ataupun sayuran. Walaupun hanya sedikit, kandungan vitamin A dalam ikan teri dapat membantu pemenuhan kebutuhan vitamin A tubuh. Vitamin A itu sendiri mempunyai fungsi antara lain menjaga kesehatan mata, menjaga imunitas tubuh, menjadi antioksidan.

Vitamin B. kandungan vitamin B1 dalam ikan teri ini juga cukup kecil. Yaitu sekitar 0,24 mg per 100 gr ikan teri segar. Manfaat vitamin B1 ini antara lain membantu proses oksidasi pada tubuh, menjaga kesehatan tubuh, memproses dan memberikan energi.

5. Lemak

Kandungan lemak yang terkandung dalam 100 gr ikan teri segar sekitar 1,4 gr. Walaupun tergolong rendah, namun ikan teri ini lumayan cocok untuk yang sedang menjalani progam diet.

Makin jelaslah apa itu ikan teri dan kandungannya dari keterangan di atas. Baca juga: Resep dan Cara Membuat Sambalado Ikan Teri, Sederhana, Mudah dan Cepat. [M. Anis – WartaSolo.com]

 


Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...
WartaSolo.com - Berita dan Informasi Terkini Juni 2018. Ikuti perkembangan terbaru jadwal motogp 2018, nama pembalap motogp 2018, klasemen motogp 2018, jadwal f1 2018, serta update klasemen f1 2018, dan jadwal superbike 2018, klasemen superbike 2018.