WartaSolo.com – Batu ginjal disebut juga kidney stone(s) atau nephrolithiasis merupakan massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi.

Batu ini bisa terbentuk di dalam ginjal (batu ginjal) maupun di dalam kandung kemih (batu kandung kemih). Menjaga kesehatan ginjal sangat penting, begitu juga untuk mencegah terbentuknya batu ginjal dalam tubuh. Anda harus melakukan pencegahan sejak dini agar penyakit ini tidak menyerang Anda.


Nah, berikut adalah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah batu ginjal, seperti dikutip dari Merdeka, Rabu (04/06/2014).

1. Lidah buaya
Dikabarkan oleh seorang peneliti di Khon Kaen University, Thailand, gel lidah buaya dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Hal ini dilakukan pada 31 pria sehat berusia 18 sampai23 tahun.

Partisipan diminta untuk mengonsumsi 100 gram gel lidah buaya segar dua kali sehari selama tujuh hari. Pada akhir penelitian, ditemukan adanya perubahan pada komposisi zat kimia pada urine setelah partisipan mengonsumsi lidah buaya. Ini juga diketahui bisa mencegah terbentuknya batu ginjal.

2. Jeruk
Penelitian yang diterbitkan di Clinical Journal of the American Society of Nephrology ini dilakukan pada 3 partisipan bahwa segelas jus jeruk bisa mencegah terbentuknya batu ginjal. Sekitar sembilan partisipan sehat dan empat partisipan memiliki batu ginjal. Hasil penelitian ini menemukan bahwa jus jeruk sangat bermanfaat untuk mencegah batu ginjal karena kandungan sitratnya yang sangat tinggi.

3. Daun bunga dandelion
Dun bunga dandelion juga memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah mencegah terbentuknya batu ginjal. Penelitian mengungkap bahwa kalsium yang ada dalam daun bunga dandelion bisa menurunkan risiko batu ginjal.

Satu mangkuk daun dandelion yang dipotong-potong mengandung 103 miligram kalsium, 10 persen dari nilai harian yang disarankan. Tak hanya dimasak dan dicampur dengan masakan, daun bunga dandelion juga bisa dijus atau dijadikan smoothie.

4. Jus Lemon
Sebuah penelitian dalam Journal of Urology menemukan bahwa mengonsumsi dua liter jus lemon sehari bisa meningkatkan sitrat dalam urine seseorang dan mencegah terbentuknya batu ginjal. Minum jus lemon untuk mengurangi risiko Anda terkena batu ginjal.

5. Selada
Selada tak hanya memberikan banyak vitamin melainkan juga bisa mencegah terbentuknya batu ginjal. Selada mengandung 96 persen air yang bisa membantu memenuhi kebutuhan carian Anda. Seperti diketahui, kekurangan cairan adalah salah satu penyebab terbentuknya batu ginjal.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah batu ginjal. Mengonsumsi makanan tersebut setiap hari akan membantu menjaga ginjal tetap sehat.