Cara Mudah Hafal 10 Malaikat yang Wajib Diketahui: Gampangnya, JeMaRi MaMaN RAIh Iman

Cara Mudah Hafal 10 Malaikat yang Wajib Diketahui: Gampangnya, JeMaRi MaMaN RAIh Iman

Cara Mudah Hafal 10 Malaikat yang Wajib Diketahui: Gampangnya, JeMaRi MaMaN RAIh Iman. Islam adalah agama yang syamil (menyeluruh). Agama yang mengatur seluruh kehidupan dan lengkap paripurna hukum-hukumnya. Iman kepada yang ghaib adakah rukun dalam Islam. Rukun iman dalam Islam ada 6 perkara yaitu iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepad kitab, iman kepada rasul, iman hari akhir (kiamat) dan terakhir iman kepada taqdir (qada dan qadar).


Pada pembahasan kali ini kita akan mengetahui 10 Malaikat yang Wajib Diketahui beserta nama-nama dan tugasnya bagi setiap muslim. Keyakinan adanya malaikat setelah iman kepada Allah adalah pokok-pokok keghaiban yang ada dalam Islam. Malaikat Allah adalah makhluk ghaib yang diciptakan dari nur atau cahaya dan tidak bisa dilihat oleh kasat mata, namun malaikat juga salah satu dari makhluk ciptaan Allah yang harus kita ketahui.

Tipe makhluk Allah ini adalah selalu taat. Tidak pernah melenceng. Bahasa sekarang mungkin orang mengatakan sesuai jod des (jod description).

Cara Mudah Hafal 10 Malaikat yang Wajib Diketahui

10 malaikat yang dimaksud adalah wajib dihafal oleh setiap muslim. Wajib diketahui nama dan tugasnya. Untuk lebih mudah menghafalnya dan mengingatnya kita singkat urut-urutannya dengan kalimat J-M-R-M-M-N-R-A-I-I: JeMaRi MaMaN RAIh Iman. Berikut penjelasan singkat 10 malaikat yang wajib diketahui beserta nama-nama dan tugasnya sehingga mudah di hafal:

  1. Jibril. Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi dan Rasul. Terdapat ayat yang menjelaskannya di Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 97.
  2. Mikail. Malaikat Mikail bertugas memyampaikan (membagikan) rizki. Jika anda pernah mendapat rizki dalam hidup anda berupa apa saja, bisa harta, kesehatan atau apapun. Ketahuilah bahwa malaikat Mikail lah yang membagikan rizki tersebut.
  3. Ridwan. Malaikat Ridwan sang penjaga pintu surga. Berbeda dengan yang diatas, jika kita orang yang selalu amanah dijalan Allah SWT, orang yang yang selalu taat pada perintahNya dan layak untuk singgah di surga nya Allah SWT.
  4. Malik. Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka. Percayalah bahwa kita semua tidak akan mau menyinggahi tempat yang satu ini, tempat ini diciptakan untuk orang-orang yang kufur kepada Allah SWT, orang-orang yang tidak berada dijalan-Nya dan tidak pernah patuh kepada perintahNya, tempat tersebut adalah neraka. Semoga kita tidak ke sana.
  5. Munkar. Malaikat Munkar yang bertugas menanyakan amal perbuatan manusia di alam kubur. Ketika kita sudah mati dan berada dalam kubur, ada malaikat yang akan menanyakan amal perbuatan kita semasa kita hidup dan akan menyiksa kita ketika kita tidak bisa menjawabnya.
  6. Nakir. Malaikat nakir mempunyai tugas yang sama dengan malaikat Munkar, malaikat Munkar dan Nakir mempunyai tugas yang sama di alam kubur yaitu menanyakan amal perbuatan manusia di alam kubur.
  7. Raqib. Malaikat Raqib bertugas mencatat amal baik. Didunia ini pasti pernah melakukan sesuatu yang baik maupun buruk, terlepas dia sengaja atau tidak. Ketahuilah bahwa ada malaikat yang bertugas mencatat semua amal perbuatan kita yang baik semasa kita hidup di dunia ini.
  8. Atid. Malaikat yang bertugas mencatat seluruh amal buruk perbuatan manusia sema hidup di dunia. Tugasnya berkebalikan dengan malaikat Raqib.
  9. Izrail. Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa. Setiap manusia (bernyawa) akan didatangi malaikat ini suka ataupun tidak.
  10. Israfil. Malaikat Israfil bertugas meniup sangkakala. Meniup terompet sebagai tanda berakhirnya kehidupan dunia.

BACA JUGA: 

Mudah kan menghafalnya. Ingat kembali kalimat JeMaRi MaMaN RAIh Iman. Huruf yang di perbesar menandakan awalan dari nama malaikat yang dihafal. Silakan like dan share artikel ini demi kebaikan bersama dan semakin sadar diri kita ternyata apapun yang kita lakukan ada catatan amal yang akan dihisab nanti di yaumil akhir. BACA JUGA: Kata Kata Mutiara Semangat Hidup Zakir Naik: Jika Kau Memahami Sang Pencipta, Maka Kau Akan Mendapat Kedamaian Abadi. [M. Anis – WartaSolo.com]


Kategori: Islam
Tagged as: pidato tentang qada dan qadar, 10 malaikat dan tugasnya, 10 nama malaikat dan tugasnya, bagaiman cara menghapal malaikat allah beserta tugasny dengan cepat, cara gampamg menghafal malaikat dna tuganya, cara hafal malaikat 10, mudah menghafal nama nama malaikat, tips menghafal nama malaikat, dan lainnya.

Info Menarik Lainnya:

WartaSolo.com - Berita dan Informasi Terkini April 2018. Ikuti perkembangan terbaru jadwal motogp 2018, nama pembalap motogp 2018, klasemen motogp 2018, jadwal f1 2018, serta update klasemen f1 2018, dan jadwal superbike 2018, klasemen superbike 2018.