WartaSolo.com – Sariawan merupakan sebuah penyakit yang dianggap sepele, penyakit ini adalah sebuah luka yang terjadi dalam organ mulut biasanya di gusi, bagian dalam pipi atau bibir. Akibat dari sariawan adalah rasa perih dan sakit saat makan, minum atau bahkan sikat gigi.

Beberapa obat sariawan banyak beredar di toko obat, namun tahukah anda jika sariawan dapat disembuhkan dengan beberapa bahan alami. Apa saja bahan alami yang bisa menyembuhkan sariawan? berikut seperti dikutip Warta Solo dari situs HealthMeUp, Jum’at (2/5/2014).


1. Air Garam, dengan berkumur menggunakan air garam ternyata dapat meredakan sariawan, hal ini karena air garam mampu menghilangkan bakteri penyebab sariawan.

2. Kunyit, dengan mencampur sedikit kunyit dan air hangat untuk berkumur maka bakteri penyebab sariawan pun akan hilang. Hal ini karena kunyit mengandung bahan antiseptik yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan bakteri sariawan.

3. Daun Basil, daun ini sering digunakan sebagai bumbu masakan, dengan meminum air rebusan daun basil ternyata bisa menyembuhkan sariawan dari dalam.

4. Es Batu, dengan cara menenpelkan es batu pada luka sariawan maka es akan mampu mengurangi bengkak dan rasa sakit sariawan, es batu juga membantu mengurangi peradangan.

5. Minyak Kelapa, cara mengobati sariawan dengan minyak kelapa sangatlah mudah, yakni dengan mengoleskan minyak kelapa pada luka sariawan. Minyak kelapa akan membantu mengurangi peradangan dan nyeri pada sariawan.