Manfaat Sit Up Bagi Kesehatan Tubuh Dan Cara Melakukan nya Dengan Benar

MANFAAT SIT UP

Manfaat Sit Up Bagi Kesehatan Tubuh Dan Cara Melakukan nya Dengan Benar. Sit up merupakan jenis olah raga yang mudah dilakukan dan dapat dilakukan oleh siapa saja selain itu sit up juga bisa dilakukan dimana saja tanpa biaya. Jika kita secara rutin melakukan sit up, tentunya hal ini akan memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Orang-orang biasanya beranggapan bahwa sit up dapat mengecilkan perut. Namun sayangnya anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Sit up memang dapat memperbaiki bentuk perut. Namun  hal ini diperoleh dengan cara mengencangkan otot-otot perut. Tidak hanya otot perut saja, tapi manfaat sit up bagi tubuh diantaranya, bisa mengencangkan otot dada, panggul, pinggang bagian bawah serta leher.

Manfaat Sit Up untuk kesehatan tubuh

Beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari melakukan sit up secara benar dan teratur antara lain:

Memperbaiki postur tubuh

Sebagai salah satu bentuk latihan otot perut, sit up berguna dalam memperbaiki postur tubuh sekaligus membantu mengatasi sakit pinggang bawah dan cedera otot. Postur tubuh yang fit dapat mempermudah aktifitas sehari-hari, mulai dari mengambil benda di tempat tinggi atau naik-turun tangga sekalipun serta menjauhkan dari cidera otot (keseleo)

Baca Juga: Tips Jitu Mengobati Keseleo

Memperbaiki keseimbangan tubuh

Sit up sebagai salah satu olahraga yang melatih otot di bagian panggul, pinggang, dan perut dapat mendukung keseimbangan tubuh saat beraktivitas. Selain senam kegel ternyata dengan sit up juga bisa melatih otot panggul kita

Memperindah bentuk perut

Meski olahraga aerobik berguna untuk membakar lemak perut, namun sit up sebagai latihan otot inti dapat memperkuat dan mengencangkan otot.

Memiliki kebugaran tubuh

Untuk memperoleh tubuh bugar secara keseluruhan, diperlukan latihan otot inti pada bagian perut. Selain latihan Aerobic, kita juga bisa melakukan sit up.

Membakar lebih banyak kalori

Secara metabolik, sel otot lebih aktif dibandingkan sel lemak sehingga lebih banyak membakar kalori. Rutinitas melakukan  sit up dapat membantu tubuh membangun otot sehingga dalam jangka panjang akan membakar kalori lebih banyak.

Langkah Melakukan Sit Up dengan Benar

Melakukan gerakan sit up dengan benar sangatlah penting demi menghindari kerusakan pada otot-otot tubuh dan menghindari otot cidera. Resiko sit up yang harus diwaspadai ialah cedera pada leher dan punggung bawah. Jika sebelumnya Anda pernah mengalami cedera pada bagian tubuh tersebut, ada baiknya jika anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter sebelum berlatih. Berikut merupakanlangkah-langkah melakukan sit up yang benar:

  • Baringkan tubuh Anda
  • Lanjutkan dengan menekuk lutut dengan telapak kaki tetap di lantai agar tubuh tetap stabil.
  • Letakkan tangan menyilang di atas dada atau tekuk dan letakkan di dekat telinga.
  • Angkat badan ke atas ke arah lutut, sambil menghembuskan napas saat melakukannya.
  • Kemudian, turunkan kembali tubuh hingga dalam kondisi berbaring seperti semula sambil menarik napas.

Baca Juga: Manfaat Vitamin  B Komplek Bagi Kesehatan Tubuh

Bagi yang baru memulai berlatih, Anda bisa mencobanya dengan melakukan sit up sebanyak 10 kali dalam sehari. Mesin sit up yang biasanya tersedia di gym center ada yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan sit up sambil duduk. Sit up sambil duduk dapat juga dilakukan untuk menghindari ketegangan pada leher Anda. Anda hanya perlu mendorong panel di dada Anda, kemudian menekuk tubuh ke arah paha. Saat pertama mencobanya, cobalah lakukan sit up sebanyak 8-12 kali.

Demikian ulasan mengenai sit up yang ternyata banyak manfaat bagi tubuh kita. dengan sit up kita bisa mengencangkan otot area panggul. Kita juga perlu hati-hati dalam melakukan sit up. Semoga ulasan mengenai manfaat sit up diatas menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi pembaca. [YuQe-WartaSolo.com]