Tips Merangsang Bayi Mau dan Gemar Merangkak



merangkak

Tips Merangsang Bayi Mau dan Gemar Merangkak. Kita sebagai orang tua wajib was-was jika anak kita tidak merangkak dengan waktu dan cara yang normal. Sehingga pasti akan tumbuh pertanyaan apasih penyebabnya, bagaimana caranya agar anak gemar merangkak di usia dan waktu yangtepat seperti bayi umumnya.

Sehingga kita harus mengetahui apasih yang membuat anak kita belum dapat merangkak, disebabbkan apa dan mungkin ada beberapa factor yang yang membuat anak kita belum mau merangkak dengan waktu dan cara yang wajar seperti umumnya. Adapun beberapa faktor yang yang menyebabkannya antara lain ; obesitas, malnutrisi, kurang stimulasi merangkak, hingga keterlambatan perkembangan, kelainan gerakan kasar, gangguan keseimbangan dll.

Baca Juga : Melatih Anak Belajar Berjalan

Dan inilah tips agar bayi mau dan dapat gemar merangkak :

  1. Hindari baby walker – mungkin selama ini kita tidak memahami kalau kita jarang menurunkan bayi dari stroller atau gendongan untuk diletakkan di ruangan luas dan bersih untuk merangsang, maka dari itu sediakan alas matras atau karpet yang aman dari benda-benda berbahaya seperti stop ontak atau aliran listrik lainnya.
  2. Letakkan mainan di depan bayi – agar bayi tertarik untuk meraihnya, tepuk tangan atau beri pujian meski bayi baru dapat menggeser posisi sedikit dengan perut atau malah mundur ke belakang, jika ia berhasil meraih mainan beri pujian dengan kata pintar.
  3. Sediakan mainan yang dapt mempromisikan merangkak – seperti drum yang dapt menggelinding seperti bola atau boneka yang dapt meantul, bayi suka mengejar benda yang menarik hatinya untuk dijadikan sebuah mainan.
  4. Sering tengkurapkan bayi sejak dini – agar bayi terangsang untuk mengangkat tubuh, mengangkat kepala dan bergerak dengan perutnya yang merupakan cikal bakal dari merangkak itu sendiri.
  5. Berikan ia contoh – dengan contoh yang baik dan benar dalam merangkak tentunya bayi akan sangat tertarik dengan senang dan manja.

Apabila bayi anda dalam proses latihan untuk merangkak kurang tepat, maka fisioterapi akan dapat membantu memperbaiki keterlambatan atau gangguan merangkak dengancara meningkatkan kemampuan motorik kasar bayi secara khusus, membantu meningkatkan koordinasi, stabilisasi dan keseimbangan, mencegah dan mengoreksi kelainan bentuk tubuh jika memang sangat memmerlukan terapi ini. [YuQe-wartaSolo.com]