Mengatasi Luka Tekan (Decubetus) Dengan Virgin Coconut Oil (VCO)



virgin coconut Oil Asli

Mengatasi Luka Tekan (Decubetus) Dengan Virgin Coconut Oil (VCO). Minyak kelapa murni, kaya akan asam lemak jenuh. Dahulu orang beranggapan bahwa minyak dengan kandungan lemak jenuh sangat berbahaya bagi tubuh, karena dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Akan tetapi, ternyata riset dan penelitian terbaru membantah hal tersebut.

Dimana riset menyimpulkan bahwa, kandungan lemak jenuh pada VCO justru baik untuk di konsumsi setiap hari. VCO juga dapat digunakan sebagai anti virus, yang secara tradisional digunakan untuk meningkatkan CD4 kekebalan tubuh pada pasien HIV AIDS.

Baca Juga : 7 Manfaat Minyak Kayu Putih

Penggunaan VCO juga sangat baik bagi perawatan kesehatan sehari-hari, diantaranya sebagai nutrisi bagi ibu hamil, ibu menyusui dan lansia. Dapat pula digunakan sebagai topical therapy pada kasus penderita penyakit kronis dengan tirah baring/bed rest.

Bed rest terlalu lama dapat menyebabkan resiko terjadinya luka tekan atau decubitus. Luka tekan disebabkan karena tekanan pada kulit yang terlalu lama untuk menyangga beban tubuh sehingga pasokan oksigen dan nutrisi terhambat. Hal ini menyebabkan kematian jaringan yang biasanya kemudia diikuti dengn timbulnya luka pada permukaan kulit.

Simak Juga : Manfaat Jus Melon Untuk Mengatasi Serangan Jantung

Penggunaan VCO untuk pencegahan luka tekan dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagi berikut :

  1. Cuci tangan sebelum memegangbagian tubuh yang akan diterapi.
  2. Ambil VCO secukupnya kemudian gosokkan pada bagian tubuh yang yang berisiko terjadi luka tekan.
  3. Lakukan sedikit massage selama 5 hingga 10 menit.
  4. Lakukan alih baring atau pergantian posisi tidur minimal 2 jam sekali untuk mengurangi resiko timbulnya kembali luka tekan.

Asam laurat yang terkandung dalam VCO mampu diserap oleh kulit lebih baik. Untuk memaksimalkan penyerapan VCO ke dalam lapisan kulit dapat pula dibantu dengan massage atau pemijatan ringan pada permukaan kulit. Asam laurat merupakan jenis asam lemak rantai sedang yang sangat baik untuk meningkatkan elastisitas kulit. [YuQe-WartaSolo.com]