Posisi Badan Ketika Melahirkan



posisi badan waktu melahirkan

Posisi Badan Ketika Melahirkan. Berbaring dengan punggung sembari terlentang rata di atas pembaringan sambil lututnya ke atas dan mengangkang merupakan letak badan yang paling lumrah terjadi di banyak negara di dunia ini.

Letak miring ke samping yaitu berbaring pada sisi sampingnya sebelah kiri sedangakan lututnya menjurus ke dada,juga merupakan kebiasaan du berbagai negara dalam menangani proses persalinan.

Baca Juga : Proses Melahirkan Yang Perlu Di Perhatikan

Tahap Yang Pertama

Pada tahap awal, wanita tidak banyak di tuntut tugas yang aktif. Pada umumnya disuruh berbaring dan menunggu saja, dengan menunggu datangnya kontraksi itu semakin sering berlangsung. Apabila saat melahirkan sudah tiba dan pasti sang bunda disuruh untuk berbaring, maka bebas memilih letak atau posisi badan yang menyenangkan tentunya.

Tahap Yang Kedua

Saatnya sang bunda turut aktif dalam mengambil peran untuk melancsrkan proses melahir itu sendiri. kebanyakan wanita merasa bahwamereka dapat melakukan gerak dorong yang paling baik ialah dengan cara menggerakkan kedua belah kaki mereka dan sambil menariknya ke atas ke arah perut.

Tahap Yang Ketiga

Apabila bayi telah lahir. maka pada umumnya digunakan posisi terlentang di atas punggung guna memperlancar keluarnya ari-ari/plasent itu sendiri. Dan berikut proses jalannya kelahiran bayi :

  1. Si bunda mnekan ke bawah untuk membantu meluncurkan bayinya keluar/kontraksi setiap 2-5 menit.
  2. Kepala bayi melewati leher rahim dan berputar di bawah rongga bulit kemaluannya.
  3. Kepalapun lahir dan berputar lagi kepada letak asalnya. Bahu bayi itu berputar untuk bisa lewat melalui rongga pantat.
  4. Bahu kanan, bahu kiri, muncul keluar.
  5. Bayi langsung menarik nafas, lendirpun dibersihkan dari wajahnya dan udara pun berlalu dengan bebas dan tali pusar dijepit.
  6. Ari-ari/plasenta muncul dalam waktu 30 menit dari saat keluarnya bayi.

Simak Juga : Tanda-tanda Yang Akan Terjadi Sebelum Melahirkan

Demikianlah posisi badan ketika melahirkan yang harus diperhatikan untuk semuanya. Semoga bunda yang mengalaminya dan dedek bayi yang lahir selalu sehat seperti yang diinginkan selama ini. [YuQe-WartaSolo.com]