Berita Gempa Bumi Aceh 2016: Salah Pendataan, Korban Meninggal Jadi 100 Orang

Berita Gempa Bumi Aceh 2016: Salah Pendataan, Korban Meninggal Jadi 100 Orang


Update Berita Terbaru Gempa Bumi Aceh 2016: Salah Pendataan, Korban Meninggal Jadi 100 Orang. Pasca Gempa Bumi Pidie Jaya Aceh telah diumumkan korban yang meninggal dalam bencana gempa bumi berkekuatan 6,5 skala Richter (SR) yang berpusat di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, namun dalam input data korban meninggal akibat bencana gempa bumi Aceh ini mengalami kesalahan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengklarifikasi jumlah korban meninggal gempa Aceh. Jumlah korban meninggal akibat bencana gempa di Aceh berkurang menjadi 100 orang. Sebelumnya, BNPB menyebutkan jumlah korban meninggal gempa Aceh sebanyak 102 orang.

“Sebelumnya dilaporkan 102 orang meninggal. Namun setelah dilakukan verifikasi dalam rapat koordinasi, ternyata ada pelaporan korban dengan 2 nama berbeda pada seseorang korban sehingga terdata dua kali. Dengan demikian total korban meninggal adalah 100 jiwa,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, pada pesan tertulisnya, Jakarta, Jumat (9/12/2016).


Sutopo Purwo Nugroho menjeaskan Pos Komando Utama yang berlokasi di Pidie Jaya menyebutkan total korban jiwa meninggal dunia adalah 100 orang dan sudah berhasil diidentifikasi 92 orang yaitu di Pidie Jaya 88 jiwa, Bireuen 2, dan Pidie 2. Sedangkan korban luka gempa Aceh berjumlah 589 jiwa, dengan rincian luka berat 127 jiwa dan luka ringan 462.

Menurut Sutopo kesalahan dalam input data itu merupakan hal yang wajar terjadi saat bencana besar dikarenakan pencatatan pendataan yang belum baik. Dua data yang berkurang, ujar Sutopo, karena adanya data korban jiwa yang sama.

“Pada saat terjadi bencana seperti ini ada pendataan yang simpang siur. Sering terjadi perbedaan adalah hal wajar karena terjadi kepanikan dan bencananya apalagi luas,” tutupnya.

Demikianlah Berita Terbaru Gempa Bumi Aceh, yang meliputi jumlah korban yang meninggal, korban yang luka ringan dan korban yang luka berat. Kita Do’akan semoga saudara – saudara kita yang sedang tertimpa musibah gempa bumi di Pidie Jaya, Aceh diberi kesabaran dan bagi yang mengalami luka ringan maupun berat segera diberi kesembuhan. [Wisnu Ramadhon – WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Nasional
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...