WartaSolo.com – Aplikasi pesan instan WhatsApp kabarnya akan dilengkapi dengan fitur telepon melalui sambungan internet atau yang sering disebut dengan VoIP (Voice over Internet Protocol). Informasi ini mengemuka setelah screenshot fitur telepon WhatsApp di iOS beredar luas di internet.

Berdasarkan screenshot yang beredar, tampilan antar fitur telepon WhatsApp di sistem operasi Apple iOS ini tampak sederhana dan cenderung mirip dengan aplikasi telepon bawan Apple. Screenshot tersebut diperkirakan berasal dari seseorang yang sedang menguji fitur voice calling di WhatsApp.



Sampai saat ini belum ada tanggapan atau keterangan resmi dari pihak WhatsApp mengenai kehadiran fitur telepon atau voice calling di aplikasi besutannya. Namun banyak pihak yang yakin bahwa fitur telepon tersebut akan tiba di WhatsApp yang nantinya diawali pada aplikasi WhatsApp untuk iOS.

Fitur VoIP atau telepon ini sebenarnya bukanlah fitur yang baru, bahkan WhatsApp bisa dikatakan sedikit tertinggal jika dibandingkan dengan kompetitornya. Para pesaing WhatsApp telah lama menyematkan fitur telepon gratis ini, sebut saja Skype, Line, WeChat, KakaoTalk, Viber, dan yang baru saja mendapat fitur ini adalah BlackBerry Messenger (BBM).

Melihat semua pesaingnya telah dilengkapi fitur VoiP, maka sudah waktunya WhatsApp membekali diri dengan fitur yang sama agar tidak kalah bersaing. banyak pihak yang meyakini bahwa kehadiran fitur VoIP ini akan meluncur dalam waktu dekat ini.

Seperti yang dilansir dari Detik pada Sabtu (15/03/2014), aplikasi WhatsApp sendiri kini telah mejadi milik Facebook setelah diakuisisi beberapa waktu lalu dengan nilai akuisis yang fantastis, yakni $16 miliar.

Pendiri WhatsApp, Jan Koum pernah mengungkapkan di ajang MWC 2014 di Barcelona pada Februari lalu bahwa fitur telepon gratis pada WhatsApp akan hadir pertengahan tahun 2014 mendatang.