Mengenal Macam Dan Manfaat Aromaterapi

mengenal macam dan manfaat aromaterapi

Mengenal Macam Dan Manfaat Aromaterapi. Pernah mencium wewangian aromaterapi? Arometerapi semakin banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan kesehatan dan kecantikan, mulai dari perawatan hingga ke penyembuhan. Sebenarnya kunci dari aromaterapi sendiri terletak pada kandungan minyak esensial yang terdapat didalamnya. Bahan-bahan tersebut mengeluarkan berbagai jenis haruman aromaterapi. Berbagai jenis wangi aromaterapi memiliki fungsi serta manfaat yang beragam. Terkadang kita sulit untuk memilih, mana yang sebaiknya digunakan, dan mana yang tidak.

Cara penyembuhan dengan menggunakan wewangian sebenarnya sudah dikenal sejak 6.000 tahun yang lalu. Tapi kata “aromaterapi” baru digunakan sekitar tahun 1920-an oleh seorang ahli kimi asal Prancis bernama Rene-Maurice Gattefosse. Ia mencurahkan tenaga dan pikirannya meneliti aromaterapi dari minyak esensial untuk penyembuhan.

Aromaterapi sendiri merupakan salah satu jenis penyembuhan alternatif dengan menggunakan bahan cairan dari tanaman, dikenal sebagai minyak esensial-yang mudah menguap dan senyawa aromatik lainnya yang tujuannya untuk mempengaruhi suasana hati atau ksehatan seseorang. Oleh sebab itu, aromaterapi menjadi salah satu alternatif terapi bagi mereka yang sedang mengalami tekanan batin atau stres, karena terapi dengan menggunakan wewangian dari berbagai jenis tanaman ini bisa membuat seseorang menjadi lebih rileks dan tenang. Ada baiknya jika anda mengenali terlebih dahulu, jenis-jenis aromaterapi dan manfaatnya.

JENIS-JENIS WANGI AROMATERAPI

Berikut ini beberapa jenis aromaterapi dan manfaatnya, dari bahan-bahan yang sering digunakan:

NOJENIS WANGI AROMATERAPIMANFAAT
1Alang-alangAroma ini dapa membuat kulit terasa lebih berkilau, eksotis, dan menarik.
2BasilBasil dapat membantu mengatasi beberapa keluhan seperti; sakit perut, kejang otot dan pegal linu, masalah pernapasan, flu dan demam, lelah mental, sakit kepala, sulit konsentrasi dan mudah gugup.
3BergamotDapat menormalkan juga mengencangkan kulit.
4CedarwoodUntuk infeksi pernapasan dan saluran kencing, penyegar bagi kulit berminyak dan pori-pori tersumbat, ketombe dan gatal-gatal.
5CendanaDapat menstabilisasi dan menenangkan emosi.
6Chammomile RomanDapat membantu hampir semua permasalahan kulit seperti jerawat, alergi, luka bakar, eksim dan peradangan kulit.
7ChamomileAroma Chamomile dapat memberikan efek menenangkan, serta menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan
 8Clary sageMenenangkan juga dapat menguatkan serta membersihkan pikiran.
9CloveMembantu mengurangi masalah sakit gigi, diare, kudis, kurap dan kadas.
10CubebDapat membantu penyembuhan penyakit anorexia, selulit dan kurang nafsu makan.
11CypressDapat mengatasi tekanan darah rendah, system sirkulasi, wasir, selulit serta mengurangi keringat yang berlebihan dari dalam tubuh. Juga bisa untuk revitalisasi, obat pengkelat. Selain itu juga dapat menghilangkan bengkak, mengurangi sakit kram pada saat menstruasi, tapi sebaiknya hindari pada 1-3 bulan masa kehamilan
12EucalyptusAroma Eucalyptus dapat digunakan untuk membersihkan, menyeimbangkan, menyegarkan, dan menstimulasi kulit. Dan bisa digunakan untuk antiseptik, obat bengkak dan membantu masalah pernafasan.
13GeraniumDapat mengencangkan payudara, menopause, eksim jerawat, pendarahan, tanda melahirkan sekaligus mencerahkan kulit
14GingerGinger atau jahe, dapat melindungi tubuh dari rasa kedinginan, demam, mual-mual, pencernaan, anti peradangan, infeksi saluran kencing, kandung kemih, menghancurkan segala jenis parasit usus dan menormalkan tekanan darah.
15GrapefruitMembantu mengatasi pegal linu, menggigil, sakit kepala, flu dan demam serta membuang racun-racun dalam tubuh. Bisa digunakan untuk refreshing, detoksifikasi, pembersih, untuk melegakan saraf, dan merilekskan otot.
16JasminePembangkit gairah, baik untuk kesuburan wanita, dapat mengobati impotensi, anti-depresi, pegal linu, sakit menstruasi dan radang selaput lendir. bisa digunakan untuk menenangkan, aprodisiak, antidepresi, tapi sebaiknya tidak digunakan selama kehamilan dan jika kulit sensitif
17JuniperKhusus perawatan penyempitan pembuluh arteri dan masalah-masalah yang berhubungan dengan penyumbatan seperti peregangan pembuluh darah, wasir dan selulit.
18Kenanga / Ylang-ylangBersifat menenangkan, melegakan sesak napas, berfungsi sebagai tonik rambut sekaligus sebagai pembangkit rasa cinta.
19LavenderAroma Lavender memiliki efek menenangkan, serta membantu mereka yang mengalami susah tidur, agar tidur lebih nyenyak. Lavender juga menormalkan, serta membersihkan kulit. Merawat infeksi paru-paru, sinus, vaginal termasuk jamur, radang tenggorokan, asma, kista dan peradangan lain. Meningkatkan daya tahan tubuh, regenerasi sel, luka terbuka, infeksi kulit dan sangat nyaman untuk kulit bayi.
20LemonAroma lemon memberi efek menenangkan dan mengangkat suasana hati. Aromaterapi lemon juga dapat mengencangkan, menstimulasi, menyegarkan kulit. Selain baik untuk kulit berminyak, berguna pula sebagai zat antioksidan, antiseptik, melawan virus dan infeksi bakteri, mencegah hipertensi, kelenjar hati dan limpa yang tersumbat, memperbaiki metabolisme, menunjang sistem kekebalan tubuh serta memperlambat kenaikan berat badan.
21MandarinMenenangkan, merilekskan, memberikan sensasi kedamaian dan bisa digunakan oleh anak-anak.
22MawarAroma mawar dapat membantu mengurangi stres, kesedihan dan menstabilisasi kondisi tubuh.
23OrangeDapat digunakan untuk kulit berminyak, kelenjar getah bening tak lancar, debar jantung tak teratur dan tekanan darah tinggi.
24PatchouliAroma Patchouli dapat membantu menenangkan dan membuat kulit terasa lebih sensual.
25PeppermintAroma peppermint bisa membantu meningkatkan daya ingat dan kewaspadaan. Cocok buat mereka yang sedang mengalami kelelahan. Aroma Peppermint juga menyegarkan, dan menghidupkan kulit. Aromanya juga dapat membasmi bakteri, virus dan parasit yang bersarang di pencernaan. Melancarkan penyumbatan sinus dan paru, mengaktifkan produksi minyak dikulit, menyembuhkan gatal-gatal karena kadas/kurap, herpes, kudis karena tumbuhan beracun
26RosemaryAroma rosemary memberi efek pada munculnya perasaan puas dan efek positif pada mood dan kinerja, dan menurunkan tingkat hormon kortisol yaitu hormon pemicu stres. Salah satu aroma yang manjur memperlancar peredaran darah, menurunkan kolesterol, mengendorkan otot, reumatik, menghilangkan 6.ketombe, kerontokan rambut, membantu mengatasi kulit kusam sampai di lapisan terbawah. Mencegah kulit kering, berkerut yang menampakkan urat-urat kemerahan
27SandalwoodDapat membantu menyembuhkan infeksi saluran kencing dan alat kelamin, mengobati radang dan luka bakar, masalah tenggorokan, membantu mengatasi sulit tidur dan menciptakan ketenangan hati. Juga bisa digunakan sebagai penyeimbang, aprodisiak, antiseptik, untuk mengobati batuk dan radang tenggorokan.
28StrawberryAromaterapi Strawberry dapat meningkatkan selera makan, mengurangi penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan kanker
29Tea treeBerperan sebagai tonik kekebalan yang baik mengobati penyakit paru-paru, alat kelamin, vagina, sinus, infeksi mulut, infeksi jamur, cacar air, ruam saraf serta melindungi kulit karena radiasi bakar selama terapi kanker.
30ThymeAroma Thyme dapat menyembuhkan gangguan pencernaan dan jamur, menghancurkan cacing gelang dan cacing pita

Ulasan diatas merupakan beberapa macam dari aromaterapi dan berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari berbagai aromaterapi. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi pembaca. [YuQe – WartaSolo.com]

 

.