Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Sering kita menggunakan baking soda untuk membuat kue. Baking soda atau biasa disebut soda kue digunakan untuk membuat adonan kue mengembang sebut saja kue bolu, kue kering, dan lain sebagainya. Ternyata baking soda juga tidak hanya digunakan untuk membuat kue saja, baking soda juga sering kali digunakan untuk perawatan kulit. Nah dalam kesempatan kali ini kami akan mencoba menjelaskan beberapa manfaat  dari baking soda. Nah berikut ini beberapa manfaat baking soda selain untuk membuat kue.

Manfaat baking soda untuk kesehatan
1. Obat kumur alami
Baking soda bisa dijadikan obat kumur alami dan mengatasi berbagai masalah mulut seperti sariawan, bau mulu, sakit gigi dan membersihkan mulut dari kuman. Caranya yaitu campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 100ml air. Aduk hingga rata kemudian gunakan untuk berkumur.

2. Menghilangkan bau badan
Selain dapat menghilangkan bau mulut, baking soda juga ampuh untuk mengatasi bau badan. Caranyapun sangat mudah sekali, yaitu gunakan baking soda sebagai bedak tabur pada ketiak anda. Baking soda akan menetralisir keringat dan bau badan yang dikeluarkannya.

3. Sebagai obat gatal karena gigitan serangga
Rasa gatal yang disebabkan gigitan serangga seperti gigitan nyamuk memang sangat menjengkelkan sekali, rasa gatal yang menjengkelkan bisa kita sembuhkan dengan menggunakan baking soda. Caranya sangat mudah sekali yaitu campurkan baking soda dengan air secukupnya kemudian anda balurkan pada kulit yang gatal, diamkan selama beberapa menit.

4. Sebagai antasida untuk mengurangi asam lambung
Baking soda juga ampuh sekali untuk mengurangi atau menurunkan asam lambung yang tinggi. Caranya yaitu campurkan 1/4 sendok teh dengan segelas air dan minum secara teratur.

5. Mengatasi sunburn
Sunburn atau rasa sakit akibat terbakar sinar matahari juga dapat disembuhkan dengan menggunakan baking soda. Baking soda memiliki efek mendinginkan sehingga cocok sekali untuk mengobati sunburn. Caranya yaitu basahi handuk dengan air dingin yang telah dicampur dengan baking soda, kemudian kompres pada kulit yang sakit.

6. Menyegarkan kaki yang lelah
Kaki yang lelah akibat aktivitas juga bisa disegarkan kembali menggunakan baking soda. Baking soda akan membuat kaki menjadi rileks dan segar kembali. Rasa pegal dan lelahpun akan hilang dengan baking soda. Caranya yaitu campurkan baking soda dengan air hangat secukupnya. Kemudian anda rendam kaki anda selama beberapa menit, anda juga bisa merendamnya sambil memijat.

Manfaat baking soda untuk kecantikan
1. Mengobati jerawat dan menghilangkan bekas jerawat
Jerawat merupakan masalah kulit yang umum diderita semua orang. Jerawat merupakan musuh utama bagi kaum muda, hal ini dikarenakan jerawat dapat menghancurkan penampilan. Namun anda tak perlu kahwatir, jerawat bisa diatas dengan menggunakan baking soda, bahkan dengan baking soda jerawat bisa diatasi hanya dalam satu malam saja. Baking soda juga dapat menghilangkan bekas jerawat. Caranya yaitu anda campurkan baking soda dengan air hingga menjadi pasta, kemudian anda oleskan pada kulit yang berjerawat, diamkan selama semalam, bersihkan pada pagi hari, jerawat langsung kering dan sembuh.

2. Menghilangkan komedo
Komedo juga menjadi musuh utama kaum muda setelah jerawat. Sama halnya jerawat, komedo juga merusak penampilan. Komedo bisa diatasi dengan jerawat. Caranya sama dengan menghilangkan jerawat, yaitu campurkan baking soda dengan air hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada kulit disekitar hidung yang menjadi potensi terbesar komedo.

3. Membersihkan kulit wajah
Baking soda juga dapat menjadi pembersih kulit. Caranya yaitu anda campurkan dengan air dan oleskan serta anda pijat-pijat kulit wajah anda, maka kulit wajah anda akan bersih dan segar kembali.

4. Mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan flek hitam
Menggunakan baking soda sebagai pembersih kulit akan membuat kulit wajah bersih. Hal ini dikarenakan baking soda mampu membersihkan atau mengangkat sel kulit mati serta menghilangkan flek hitam.Caranya yaitu campurkan baking soda dengan air lalu usapkan pada kulit wajah dan bila dengan air hingga bersih.

5. Mengatasi kulit kering, kusam dan berminyak
Memiliki kulit kering, kusam dan berminyak memang sangat mengganggu sekali, selain membuat kita tidak nyaman, ketiga masalah kulit tersebut juga membuat wajah kita tidak enak dipandang, selain itu masalah kulit wajah yang kering, kusam dan berminyak akan menyebabkan berbagai masalah kulit lainnya seperti jerawat, komedo ataupun penuaan. Oleh sebab itu ketiga masalah kulit tersebut haru segera diatasi. Baking soda bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut. Caranya campurkan baking soda dengan air, anda juga bisa menambahkan gandum, kemudian anda oleskan pada kulit wajah dan leher secara merata. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air hingga bersih.

6. Memutihkan dan mencerahkan kulit wajah
Baking soda dapat mengangkat sel kulit mati, menghilangkan flek hitam serta mengatasi kulit kusam yang membuat kulit terlihat gelap. Caranya yaitu anda campurkan baking soda dengan air sabun dan oleskan pada kulit wajah dan leher secara merata sambil dipijat. Diamkan beberapa menit baru anda bilas denga air hingga bersih.

7. Menghaluskan kulit
Perawatan kulit dengan menggunakan baking soda juga akan membuat kulit anda menjadi halus dan lembut. Penyebab kulit kasar seperti sel kulit mati akan terangkat dan hilang ketika anda menggunakan baking soda sebagai pembersihk kulit wajah anda.

8. Scrub alami
Anda bisa menggunakan scrub baking soda untuk scrub kulit wajah maupun kulit tubuh anda. Caranya campurkan baking soda dengan air dan oleskan pada kulit wajah atau kulit tangan dan kaki anda. Scrub ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

9. Membersihkan kuku
Anda bis melakukan pedicure atau manicure, anda bisa membersihkan dan mempercantik kuku anda dengan baking soda sendiri tanpa harus kesalon. Campurkan baking soda dan air hingga berbentuk soda, kemudian anda oleskan dan pijatkan pada kuku anda hingga bersih dan bilas denga air.

10. Mencerah ketiak
Memiliki kulit ketiak yang gelap membuat kebanyakan wanita tidak percaya diri, terlebih ketika memakai baju tanpa lengan. Namun anda tak perlu khawatir, Masalah ketiak hitam anda bisa diatasi dengan menggukana baking soda. Caranya yaitu campurkan baking soda dengan air hingga menjadi pasta, oleskan pada kulit ketiak anda dan diamkan selama beberapa menit, baru bilas dengan air hingga bersih. Dengan cara ini masalah bau ketiak juga bisa diatasi.

11. Menjadi kondisioner rambut
Baking soda juga dapat menjadi kondisioner rambut yang akan membuat rambut menjadi lembab dan cantik. Caranya yaitu anda gunakan baking soda untuk keramas. Lalu bilas dengan air hingga bersih.
Manfaat lain dari baking soda
Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, baking soda juga memiliki manfaat lain dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Berikut beberapa manfaat lain dari baking soda dalam kehidupan sehari-hari.
1. Membersihkan toiled
Manfaat dari baking soda yang biasa dilgunakan orang adalah untuk membersihkan toiled. Baking soda dapat membersihkan kotoran dan kuman, sehingga toiled akan menjadi bersih. Caranya yaitu taburkan baking soda pada toiled, kemudian gosok dengan sikat toiled dan siram hingga bersih.

2. Menghilangkan noda membandel
Noda membandel memang sangat menjengkelkan sekali, terutama jika terdapat pada pakaian. Nah noda membandel bisa diatas dengan menggunakan baking soda. Campurkan baking soda dengan diterjen lalu masukan kedalam mesi cuci untuk mencuci baju bernoda membandel.

3. Pembersih perhiasan
Baking soda juga dapat menjadi pembersih perhiasan. Perhiasan seperti emas, perat atau mutiara yang kusam bisa menjadi berkialu kembali dengan mencucinya menggunakan baking soda. Gosok perhiasan anda dengan baking soda dan diamkan selama 5 menit, bilas denga air hingga bersih. Perhiasan anda akan kembali mengkilap dan berkilau

4. Membersihkan buah dan sayuran
Sisa pestisida yang terdapat pada buah atau sayuran dapat membayakan tubuh kita. Nah kita bisa menghilangkan atau membersihak pestida tersebut dengan mencuci buah atau sayuran menggunakan baking soda. Caranya yaitu rendam buah dan sayuran kedalam air yang telah dicampur baking soda lalu bilas dengan air bersih.

5. Pembersih perabotan rumah tangga dan kaca
Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan perabotan rumah tangga dan kaca dengan baking soda, Caranya yaitu campurkan baking soda dengan air. Siapkan lap atau serbet, kemudian gunakan untuk membersihkan kaca atau perabotan rumah tangga anda.
Efek samping dari pemakaian baking soda

Baking soda memang menjadi alternatif kebanyakan orang untuk perawatan kulit wajah. Baking soda dapat membersihkan kulit wajah dari berbagai kotoran, mengangkat sel kulit mati, megatasi jerawat dan lain sebagainya. Namun pemakaian baking soda yang berlebih juga dapat merusak kulit. Baking soda dapat membuat kulit menjadi kering dan keriput. Hal ini akan terlihat ketika anda menggunakan baking soda secara berturut-turut selama 4 hari. Baking soda mengandung Alkaline yang bisa merusak lapisan terluar pada kulit.

Demikianlah informasi tentang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Baking soda memang memiliki banyak sekali manfaatnya, namun penggunaan yang berlebih justru dapat berakibat buruk. Semoga informasi diatas bermanfaat. [Yuni – WartaSolo.com]