5 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Hosting

Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Hosting

Dewasa ini, banyak sekali provider layanan hosting yang menawarkan berbagai paket dan kemudahan dalam membeli hosting untuk menampung website para pengguna. Banyaknya pilihan ini sering kali membuat Anda bingung untuk memilih perusahaan layanan hosting yang akan Anda gunakan.

Selain kompetisi harga yang ditawarkan, rata-rata penyedia layanan hosting mengklaim layanannya 99% uptime, memiliki ruang penyimpanan dan bandwith unlimited, hingga layanan support yang sigap, bahkan berbagai fitur dan promo menarik lainnya.

Pertimbangan Sebelum Memilih Hosting

Agar Anda tidak salah dalam memilih hosting yag tepat, sebaiknya Anda pertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal berikut ini sebelum memutuskan untuk membeli hosting.

1. Harga & Budget yang Anda Miliki

Ketika Anda hendak membeli hosting, maka pertimbangan pertama adalah harga paket hosting yang akan Anda pilih. Tentu saja hal ini harus Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Anda tidak perlu bingung, karena saat ini sudah banyak perusahaan hosting yang menawarkan paket hosting dengan harga terjangkau, namun memiliki kualitas yang mumpuni.

Jika Anda hendak membangun website dengan budget terbatas, maka Anda bisa beli hosting murah di jogja dari layanan penyedia hosting domainesia.com.

2. Spesifikasi Hosting yang Anda Butuhkan

Selain mempertimbangkan harganya, Anda juga harus memilih paket hosting sesuai dengan spesifikasi yang Anda butuhkan. Kebutuhan hosting untuk membuat blog atau website pribadi tentu saja berbeda dengan website untuk keperluan toko online.

Terlebih lagi jika website yang hendak Anda bangun nantinya akan menjalankan script yang berat. Tentu saja Anda juga harus memperhatikan spesifikasi resource yang ditawarkan, mulai dari RAM dan CPU. Selain itu juga ruang penyimpanan yang ditawarkannya, apakah sudah menggunakan teknologi terkini seperti SSD, serta batasan Inodes-nya, dan spesifikasi lainnya.

Untuk masalah spesifikasi yang Anda butuhkan ini, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan pihak hosting yang hendak Anda pilih.

3. Layanan Support

Sehebat apapun kualitas hosting yang Anda gunakan, jika tidak diimbangi dengan layanan support yang bagus, maka hal ini bisa menjadi nilai minus dari sebuah perusahaan layanan hosting.

Pasalnya, layanan support atau dukungan ini akan sangat Anda butuhkan jika sewaktu-waktu mengalami masalah. Baik itu masalah non-teknis seperti billing, hingga masalah teknis yang dapat mengganggu keberlangsungan website Anda.

Misalnya saja ketika website Anda terkena hack, tersusupi virus dan malware, atau server-nya tiba-tiba down, lalu Anda menghubungi bagian layanan dukungan dan tidak segera mendapatkan tanggapan. Maka hal semacam ini akan sangat merugikan Anda sebagai pengguna hosting tersebut.

Bayangkan saja jika website Anda merupakan toko online, atau website yang Anda gunakan untuk mencari uang. Berapa kerugian yang Anda alami jika masalah pada website tersebut tidak segera diselesaikan.

Karena itulah Anda sangat disarankan untuk memilih perusahaan hosting yang menawarkan layanan dukungan 24/7 dengan berbagai sarana komunikasi yang tersedia, misalnya melalui fasilitas live chat, ticket support, email dan WhatsApp.

4. Fitur Tambahan yang Ditawarkan

Hal lainnya yang perlu Anda pertimbangakn sebelum membeli hosting adalah melihat apa saja add-ons atau fitur tambahan yang dimilikinya. Banyak add-ons yang akan Anda butuhkan ketika membangun sebuah website. Sebut saja control panel yang digunakan, misalnya cPanel ataupun DirectAdmin. Kedua control panel ini memiliki interface yang bagus dan sangat bersahabat dengan penggunanya (user friendly) karena sangat mudah digunakan.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan add-ons lainnya, misalnya paket hosting dengan tambahan domain gratis sehingga akan semakin menghemat budget Anda. Atau fitur tambahan lainnya, misalnya adanya auto-backup gratis untuk mingguan ataupun bulanan sehingga jika sewaktu-waktu website Anda “dijahili” atau mengalami masalah, bisa direstore dengan mudah karena adanya file dan database cadangan.

5. Ulasan Pengguna & Reputasi (Rating)

Jika Anda masih juga merasa ragu dengan perusahaan layanan hosting mana yang akan Anda pilih. Maka cara yang paling mudah adalah dengan mencari berbagai ulasan atau review dari para pengguna.

Saat ini sudah banyak sekali website dan forum yang berisi tentang ulasan dari layanan hosting baik lokal maupun internasional. Dari ulasan ini Anda akan mendapatkan gambaran dan pencerahan terkait berbagai layanan hosting yang meliputi harga, spesifikasi, layanan dukungan, kelebihan dan kekurangan, serta reputasi atau nilai rating layanan hosting tersebut secara keseluruhan.

Dengan melihat ulasan dan rating dari para pengguna ini, Anda akan semakin mudah dalam menentukan perusahaan layanan hosting yang akan percayai untuk menampung file dan database dari website Anda.