Tren Fesyen Muslim Busana Syar’i, Ini Aturan yang Harus Diperhatikan!



Tren Fesyen Muslim Busana Syari Terbaru

Tren Fesyen Muslim Busana Syar’i, Ini Aturan yang Harus Diperhatikan! Indonesia adalah salah satu negara dengan populasi masyarakat Muslim terbesar di dunia. Maka tak mengherankan jika negeri nusantara yang elok ini menjadi salah satu pusat fesyen modest wear dan busana muslim dunia, bahkan perkembangan fashion muslim di Indonesia jauh lebih pesat dibandingkan negara dengan penduduk Muslim lainnya.

Semakin hari semakin berkembang pesat geliat perkembangan fesyen Muslim di Indonesia yang begitu cepatnya, tidak hanya pada bidang modest wear tetapi juga menyempit lebih spesifik yakni dengan fesyen busana syar’i yang saat ini banyak digandrungi, baik oleh penduduk islam biasa hingga para artis yang kerap tampil di layar kaca.


Sayangnya, masih banyak hijabers atau pemakai hijab yang dalam keseharian mungkin masih bingung soal busana syar’i yang bagaimana dan seperti apakah yang sesuai dengan aturan agama. Menjawab hal ini, desainer baju Muslim kenamaan Tanah Air, Oki Setiana Dewi memberikan beberapa penjelasan dan batasan busana syar’i agar tetap sesuai kaidah.

BACA JUGA: Mengenal Arab Saudi, Negara Kelahiran Nabi Muhammad SAW, Penjaga Kota Suci Makkah dan Madinah

“Berbusana syar’i itu memiliki makna yakni mengikuti syariah dan ketentuan dari agama. Contohnya apa? Yaitu bahannya tidak boleh tipis sehingga tidak menerawang, lalu potongan siluetnya pun tidak boleh ketat membentuk bingkai tubuh, dan tidak boleh menyerupai laki-laki,” papar Oki sebagaimana dikutip Wartasolo dari laman Okezone, Sabtu (04/03/2017).

Desainer yang kebetulan memang dalam kesehariannya sudah berbusana syar’i ini menambahkan bahwa ada lagi ketentuan busana syar’i yang ditetapkan oleh Rasulullah SAW, yang bisa dijadikan para hijabers sebagai pedoman atau petunjuk dalam berpenampilan.

“Menurut Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam yang boleh terlihat hanyalah area wajah dan telapak tangan. Inilah pakem-pakem yang harus diperhatikan betul saat berbusana syar’i,” imbuh Oki menambahkan penjelasannya.

Oki juga menambahkan, sebagai seorang hijabers dan perancang busana. Ia sendiri merasa senang dan bersyukur di Indonesia busana Muslim syar’i tidak sulit untuk didapatkan, termasuk hijab.

“Di Indonesia yang saya syukuri sekarang sudah banyak desainer Muslimah yang membuat merancang baju-baju syar’i,” tandasnya.