6 Layanan Cloud Storage Terbaik untuk Menyimpan Beragam File

Layanan Cloud Storage Terbaik untuk Menyimpan Beragam File

Dengan pesatnya perkembangan aktivitas digital beberapa waktu belakangan, menjadikan media penyimpanan fisik semacam hardisk dan flashdisk sudah tidak lagi relevan. Sekalipun pada saat ini media penyimpanan fisik juga memiliki kapasitas yang cukup besar, namun potensi kerusakannya juga cukup besar. Selain itu juga sangat merepotkan apabila tertinggal di rumah atau tercecer di tempat lain.

Untuk mengatasi hal tersebut, saat ini sudah banyak orang bergeser ke penyimpanan awan atau cloud storage untuk file dalam jumlah besar dan banyak. Pilihan penggunaan cloud storage ini juga sangat bermanfaat bagi orang yang harus bekerja dalam tim. Karena cloud storage selain memiliki kapasitas yang besar, juga dapat diakses secara bersamaan dengan pengguna lainnya.

Rekomendasi Layanan Cloud Storage Terbaik

Bagi Anda yang tertarik menggunakan cloud storage, berikut beberapa rekomendasi layanan cloud storage terbaik yang bisa Anda coba.

1. Cloud Storage Indihome

Rekomendasi cloud storage yang pertama adalah Cloud Storage Indihome. Adapun Cloud Storage Indihome ini sendiri merupakan layanan penyimpanan cloud storage terbaik di Indonesia.

Salah satu keunggulan dari cloud storage Indihome adalah memiliki server yang berada di Indonesia, sehingga jauh lebih aman serta lebih terjaga privasinya. Selain itu, pelanggan juga lebih mudah dalam mengakses cloud karena cloud storage indihome memiliki aplikasi desktop dan mobile.

Maka tidak mengherankan jika cloud storage Indihome ini sangat direkomendasikan untuk Anda gunakan sebagai penyimpanan berbagai file penting bagi keluarga Anda.

2. Google Drive

Rekomendasi cloud storage berikutnya adalah google drive. Google drive adalah cloud storage yang sangat mudah dikenal dan digunakan. Selain dapat dimanfaatkan secara gratis, cloud storage ini sudah terbundling dengan semua device android yang beredar.

Di samping itu, google drive juga memiliki fitur kolaborasi, di mana satu storage dapat diakses beberapa orang sekaligus secara bersamaan. Google storage menawarkan total storage hinga 2 TB dan penggunaan gratis sebesar 15 GB.

3. IDrive

IDrive juga merupakan salah cloud storage yang banyak direkomendasikan. Dengan fitur andalan file yang terhapus atau dihapus dari komputer Anda tidak akan hilang secara otomatis. File yang sudah dihapus ini akan tetap berada dalam server hingga 30 versi sebelumnya.

Tidak hanya itu, cloud storage ini juga memiliki layanan IDrive Express yang dapat mengirimkan data dari hard disk fisik jika suatu saat Anda kehilangan semua data. Terdapat pula fitur IDrive Thin Client, di mana cloud storage ini akan membuat cadangan data, mengelola setting, dan berbagai pengaturan lain untuk semua device yang terhubung.

Dengan layanan gratis sebesar 5 GB dan kapasitas total storage mencapai 5 TB, menjadikan cloud storage ini sangat layak untuk Anda gunakan.

4. OneDrive

Rekomendasi cloud storage yang keempat adalah OneDrive. Cloud storage ini banyak dipilih dan direkomendasikan oleh pengguna Windows. Hal ini dikarenakan cloud storage ini sudah otomatis terinstall bagi para pengguna Windows 10. Keunggulan OneDrive adalah intergrasi yang sangat baik dengan device pengguna windows lainnya.

OneDrive dapat diakses melalui website, Windows, macOS, Android, dan iOS. Hanya saja, salah satu kekurangan cloud storage ini adalah ukurannya yang lebih kecil, yaitu hanya memberikan gratis 10 GB.

Namun jika Anda lebih nyaman dan mudah menggunakan cloud storage ini Anda dapat mengupgrade storage Anda menjadi 100 GB dengan berlangganan $1,99 per bulan. Kapasitas maksimal storage OneDrive ini adalah 6TB.

5. pCloud

Jika Anda bekerja dalam bidang desain, tentunya Anda sering mengunggah dan mengirim file dalam ukuran besar. Untuk itu pCloud adalah cloud storage yang direkomendasikan dan cocok untuk Anda. Hal ini dikarenakan pCloud tidak memberikan batasan ukuran file tertentu untuk di-upload.

Cloud storage asal Swiss ini juga memiliki fitur file versioning sehingga data Anda lebih aman. Tidak hanya itu, pCloud juga memiliki file kolaborasi, sehingga Anda dapat membagi file untuk dikerjakan bersama-sama dalam satu storage.

Lebih dari itu, pCloud dapat Anda akses di PC, smartphone iOS, Android, juga website. pCloud memiliki free tier sebesar 10 GB dengan maksimal ukuran storage sebesar 2TB.

6. iCloud

Bagi Anda pengguna Mac dan iOS tentunya lebih nyaman dan terbiasa menggunakan iCloud. Cloud storage ini dapat digunakan secara otomatis oleh pengguna device Mac dan iOS. Termasuk semua device yang memiliki koneksi dengan akun Anda akan selalu tersambung pada iCloud yang sama.

iCloud memiliki keunggulan untuk memback up semua data kontak, kalender, bookmarks, notes, foto, dan data-data lainnya. Layanan iCloud memberikan 5 GB secara gratis. Namun Anda dapat meningkatkannya hingga mencapai 50GB dengan membayar 99 sen per bulan.

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743