Cara Mengatasi HP Android Lemot pada Samsung, Xiaomi, OPPO, Vivo agar Lancar Kembali



Cara Mengatasi HP Lemot Android Samsung Xiaomi OPPO Vivo

Cara Mengatasi HP Android Lemot Samsung, Xiaomi, OPPO, Vivo agar Lancar Kembali. Pada kesempatan kali ini laman wartasolo.com akan berbagi tips mengatasi hp lemot. Cara mengatasi android yang full memori ini cukup mudah diatasi. Agar anda bisa mengatasi hal ini bisa mengikuti beberapa saran yang telah di siapkan salah satu tim redaksi kami ini.

Ketika anda mempunyai android OPPO, VIVO, Samsung, Xiaomi ataupuan android lainya yang lemot atau bikin kesel jangan langsung diperbaiki ke grai reparasi ponsel. Lakukan beberapa tips ini di rumah, siapa tahu dengan melakukan beberapa langkah mengatasi hp lemot ini bisa membantu mengatasi masalah anda.

Baca juga ulasan mengenai dan hp oppo murah dibawah 2 jutaan. Ada beberapa penyebab hp lemot walau baru, meskipun Android sudah menggunakan RAM 4 GB dan juga mulai bermunculan smartphone Android yang mengusung RAM 8 GB. Tujuannya agar smartphone Android tidak lemot.

Penyebab HP Android Lemot

Performa HP Android yang digunakan secara terus-menerus untuk pekerjaan, akititas, games tentunya membuatnya menurun dan menjadi lemot. Dan dibawah ini adalah beberapa penyebab kenapa performa android menurun:

  1. Karena terlalu banyak mengunduh aplikasi yang membuat kapasitas Random Access Memory (RAM)
  2. Memori internal HP Android menjadi penuh.
  3. Karena Kapasitas RAM terlalu kecil dan tak sesuai dengan pemakaian mu saat ini.
  4. Ukuran aplikasi dan data di dalamnya yang begitu besar, memakan space memori HP-mu. Apalagi jika aplikasi itu tidak dibersihkan cache-nya secara rutin. Sehingga aplikasi berjalan terus tanpa dimatikan.

Cara Mengatasi HP Android Lemot dan Lag

Inilah beberapa tips mengatasi beberapa masalah hp android yang sering lemot maupun lag karena kegiatan penggunanya. Baik itu untuk pekerjaan, kegiatan game, menonton youtube, membuat konten ataupun yang lainya.

Kelola Aplikasi

Cara pengelolaan aplikasi yang tepat dapat memberikan dampak yang baik bagi android anda. Untuk mengelola aplikasi ini ada beberapa cara, ikuti beberapa saran yang wartasolo.com tulis dibawah ini.

Bersihkan Cache Secara Rutin

Untuk menambah kecepatan maupun performa hp android anda supaya tidak lemot, lakukan pembersihan chace secara berkala melalui pengaturan secara langsung atau menggunakan aplikasi yang ada di playsotore.

Nah, Chace bisa dibersihkan lewat aplikasi cache cleaner yang bisa kamu unduh di Play Store. Atau masuk ke Pengaturan HP, klik Pengaturan Aplikasi, lalu Bersihkan Data atau Cache Data.

Cara pembersihan diatas dapat dilakukan menjelang tidur atau android anda saat tidak digunakan atau dalam beberapa hari setelah digunakan. Buat pengaturan pengingat ketika sampah atau chace penuh jangan sampai melebihi 98%.

Hentikan Aplikasi Berjalan

Cara mudah mengatasi hp lemot selanjutnya cukup dengan menghentikan aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak perlu. Misalnya me non aktifkan sementara atau membuat aplikasi bawaan atau pabrik tersebut yang jarang digunakan di matikan sementara waktu.

Hapus Virus dari Ponsel

Setiap hp android mempunyai kelebihan maupun kelemahan masing-masing, begipun para pengguna gadget wajib waspada akan adanya malware jahat atau virus yang bisa masuk kapan saja. Akibat terserang virus kadang android akan mengalami gejala macet, lag atau butuh perbaikan karena tidak support lagi.

Untuk mengatasi android lemot pada Samsung, Vivo, Oppo atau android lainya, bisa mendownload aplikasi terpercaya dari playstore atau bawaan pabrik.

Perbarui Sistem dan Aplikasi

Terkadang data yang menumpuk seperti data dokumen, musik, foto atau lainya bisa mempengaruhi kecepatan android. Sebab dengan banyaknya data dan aplikasi menjadi beban bagi gadged. Penyebab hp lemot ini bisa disebabkan perlu pembaruan sistem atau pembarun aplikasi yang sudah tidak support lagi.

Cara memperbarui aplikasi ini cukup mudah, cukup dengan memperbaruinya lewat kanal play store dan klik perbarui saja. Bagi anda pengguna hp android lawas cek juga versi hp anda.

Matikan Auto Update Aplikasi

Kenapa hp lemot padahal memori masih banyak? hal ini bisa disebabkan karena aplikasi diatur auto update, sehingga membuat beban pada salah satu aplikasi kemudian menjadi beban hp android itu sendiri. Pengguna hp android wajib mengetahui sebab hp anda lemot atau serung mecat dan lag sejak dini.

Reset Pabrik/Instal Ulang

Terakhir, jika hp lemot sekali walau memori masih banyak dan merasa baik-baik saja tapi masih lemot silahkan konsultasikan ke grai resmi atau konter yang benar-benar mempunyai lisensi agar di Instal ulang atau di reset pabrik.

Jikalau HP Android yang lemot dan jadul lebih baik kamu ganti dengan yang baru dengan mengeluarka sedikit tabungan dan datang ke konter dan miliki HP idaman terbaru.

Demikianlah tips mudah mengatasi hp lemot pada Samsung, Vivo, OPPO, Xiaomi maupun android lainya semoga bisa membantu. Cek juga Harga Samsung Galaxy Note7 dan Harga Vivo V3 hari ini.