Hasil Survei Pilpres Terbaru 2019: Jokowi Hebat vs Prabowo Kuat

Hasil Survei Pilpres Terbaru 2019: Jokowi Hebat vs Prabowo Kuat

Hasil Survei Pilpres Terbaru 2019: Jokowi Hebat vs Prabowo Kuat. Hasil debat putaran terakhir Pilpres 2019 yang berlangsung tadi malam, Sabtu (13/4/2019) di Hotel Sultan, Jakarta memberkan banyak dampak bagi lembaga survey di Indonesia. Dipastikan para pendukung kedua kubu bisa membuat keputusan saat melakukan pencoblosan pada tanggal 17 April 2019 yang tinggal menghitung jam. Nah, disini ada beberapa lembaga survei masih mengeluarkan hasil surveinya terkait elektabilitas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Untuk mengetahui bagaimana kedua kubu berhasil menggaet para kaum muda, tua, pemilih awan dan lainya ada beberapa track rekord kedua kubu yang bisa dijadikan referensi. “Berdasarkan peta wilayah, Jawa Barat ke barat sampai Sumatera, Jawa Tengah sampai ke Timur bakalan bisa menentukan masa depan Indonesia kedepanya.


Salah satunya adalah Poltracking Indonesia. Jelang pencoblosan 17 April 2019, lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei elektabilitas capres dan cawapres. Jika menganut hasil survei silahkan lihat juga lembaga survey lainya supaya bisa membandingkan mana pilihan terbaik ANda.

Pada debat pilpres 2019 terakhir mungkin para kedua pendukung berasumsi bakalan membuat keputusan terbaiknya dengan datang ke TPS. Apakah membuat keputusan yang sesuai dengan pikiranya ataupun malahan sebaliknya.

Bagi para pemilih baru inilah cara memberikan suara pemilihan umum Indonesia 2019.

Tanggal 17 April 2019, Indonesia akan melakukan Pemilihan Umum serentak yang terdiri dari Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). Pemilih yang telah terdaftar di dalam Daftar Pemilih (DPT/DPTb/DPK), dapat menyalurkan suaranya dengan membawa Formulir C6 dan datang ke Tempat Pemungutan Suara yang telah ditentukan mulai pukul 07:00 – 13:00 waktu setempat.

Cara Memberikan Hak Suara Pemilihan Presiden 2019

Bagaimana tata cara coblos surat suara pada pemilu 2019? Suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dinyatakan sah, apabila:

Surat Suara ditandatangani oleh KPPS

Tanda coblos pada nomor urut, foto, nama salah satu Pasangan Calon, tanda gambar Partai Politik, dan/atau Gabungan Partai Politik dalam Surat Suara.

Suara untuk Pemilu anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dinyatakan sah, apabila:

Surat Suara ditandatangani oleh KPPS

Tanda coblos pada nomor atau tanda gambar Partai Politik dan/atau nama calon anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota berada pada kolom yang disediakan.

Suara untuk Pemilu anggota DPD dinyatakan sah, apabila:

Surat Suara ditandatangani oleh KPPS

Tanda coblos pada kolom 1 (satu) calon perseorangan.
Surat Suara yang terdapat tulisan, catatan lain, dan dicoblos tidak menggunakan alat coblos, akan dinyatakan tidak sah.

Ketahui bahwa ada lima entitas yang akan dipilih pada Pemilu 2019, yaitu:

  • Presiden dan Wakil Presiden
  • Anggota Dewan PerWakilan Rakyat RI (DPR-RI)
  • Anggota Dewan PerWakilan Daerah (DPD)
  • Anggota Dewan PerWakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi
  • Anggota DPRD Kabupaten/Kota—kecuali DKI Jakarta yang hanya empat kertas suara tanpa DPRD Kabupaten/Kota

Ketahui bahwa ada lima surat suara yang akan kamu dapat, yaitu:

  1. Abu-abu: Surat suara untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden.
  2. Kuning: Surat suara untuk memilih anggota DPR RI.
  3. Merah: Surat suara untuk memilih anggota DPD RI.
  4. Biru: Surat suara untuk memilih anggota DPRD Provinsi.
  5. Hijau: Surat suara untuk memilih DPRD Kabupaten/Kota.

Untuk menguatkan hati anda bisa menggunakan Hadist dan Dalil dalam Al Quran berikut ini:

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya, “Sungguh Allah memerintahkan (kamu) untuk berbuat adil dan berbuat baik,” (Surat An-Nahl ayat 90).

وَأَقْسِطُوا إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ

Artinya, “Berbuat adillah, Sungguh Allah menyukai orang-orang yang berbuat adil,” (Surat Al-Hujurat ayat 9).

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللَّهُ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ الْإِمَامُ الْعَادِلُ وَشَابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ اللَّهِ وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ بِالمَسَاجِدِ وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللَّهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ وَرَجُلٌ طَلَبَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينُهُ وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللَّهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ متفق عليه

Artinya, “Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi Muhammad SAW, ia bersabda, ‘Ada tujuh kelompok orang yang dinaungi oleh Allah pada hari tiada naungan selain naungan-Nya, yaitu pemimpin yang adil, pemuda yang mengisi hari-harinya dengan ibadah, seseorang yang hatinya terpaut dengan masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah di mana keduanya bertemu dan berpisah karena Allah, seorang yang dibujuk berzina oleh lawan jenis yang berpangkat dan rupawan lalu menjawab, ‘Aku takut kepada Allah,’ seseorang yang bersedekah diam-diam sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang dilakukan tangan kanannya, dan seseorang yang berzikir di kesunyian dengan menitikkan air mata,’” (HR Bukhari dan Muslim).

وبدأ بالشخص العادل لأن حياته له وللناس فإن الحاكم العادل هو الكاسر لشوكة الظلمة والمجرمين وهو سند الضعفاء والمساكين وبه ينتظم أمر الناس فيأمنون على أرواحهم وأموالهم وأعراضهم

Artinya, “Allah mengawali tujuh kelompok dengan menyebut ‘orang yang adil’ terlebih dahulu karena kehidupannya itu menyangkut dirinya dan nasib orang banyak. Pemerintah yang adil ini adalah ia yang mematahkan ‘duri’ orang-orang zalim dan pelaku kriminal. Ia adalah sandaran kaum dhuafa dan orang-orang miskin. Dengan kehadiran pemerintah yang adil, urusan publik terselesaikan sehingga mereka merasa aman dan terjamin jiwa, harta, dan nama baiknya,” (Lihat Syekh Hasan Sulaiman Nuri dan Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki, Ibanatul Ahkam Syarah Bulughul Maram, [Beirut, Darul Fikr: 1996 M/1416 H], cetakan pertama, juz II, halaman 256).

الإمام العادل الحاكم العام التابع لأوامر الله تعالى فيضع كل شيء موضعه من غير إفراط ولا تفريط فدخل في ذلك الأمير ونوابه والرجل في أهله والمرأة في بيتها والمدرس في فصله

Artinya, “Imam atau pemimpin yang adil pemerintah secara umum yang mengikuti perintah Allah. Ia menempatkan segala sesuatu di tempatnya tanpa kelebihan dan tanpa kekurangan. Kata ‘pemerintah’ di sini mencakup presiden dan aparatnya sampai yang terbawah, seorang di tengah istri dan anak-anaknya, seorang istri di rumah, seorang guru di dalam kelas,” (Lihat Syekh Hasan Sulaiman Nuri dan Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki, Ibanatul Ahkam Syarah Bulughul Maram, [Beirut, Darul Fikr: 1996 M/1416 H], cetakan pertama, juz II, halaman 256).

Hasil Survei Pilpres Terbaru 2019

Dibawah ini adalah beberapa lembaga survey yang bisa anda lihat yang memang bisa berubah-ubah sewaktu-waktu dan hasil yang sebenarnya adalah yang keluar dan rilis dari KPU setelah pencoblosan 17 april 2019:

1. Poltracking Indonesia
2. Survei Median
3. Indo Barometer

Itulah informasi singkat dari wartasolo.com mengentai HASIL SURVEI PILPRES TERKINI 2019 yang sebenarnya ada banyak lembaga survey milik kedua kubu. Untuk hasil sebenarnya bisa percaya atau tidak itu tergantung pilihan hati nurani Anda. (Mupus Prasetyo – Wartasolo)

 

Advertisements


Kategori: Nasional
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...