Tips Mudik 2017 Versi WartaSolo.com Pertama Tentukan Tujuan. Perpindahan besar-besaran manusia Indonesia dengan fenomena mudik adalah peristiwa tahunan dan selalu mencatat angka kecelakaan. Ini yang mesti mendapat perhatian bersama. Selalu ada saja korban saat momen indah pulang kampung menjadi sorotan media dan menjadi penantian kampung halaman untuk menyambut anak, saudara, paman, adik dan lainnya melakukan mudik. Cara mudik yang aman dan lancar harus menjadi pedoman dan pegangan saat memulai perjalanan ke tanah kelahiran.

Mudik adalah kegiatan pulang kampung untuk kembali ke tanah kelahiran dari perantauan. Tradisi pulang kampung di Indonesia identik dengan peristiwa tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Idul Fitri. Semangat Lebaran selalu melekat dan kuat dalam menjawab rasa kangen yang begitu lama terpendam saat berjuang di tanah perantauan. Kesempatan saat itu memberikan nuansa berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar saat bekerja. sekolah, merantau di negeri orang.


Migrasi manusia yang besar setiap tahunnya di Indonesia dengan memakai alat transportasi seperti pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, bahkan truk dapat digunakan untuk mudik. Tradisi ini selalu menjadi ajang macetnya kendaraan di jalan-jalan utama karena kapasitas jalan lebih kecil dari beban arus kendaraan yang melaluinya. Tetapi tetap saja mement yang menyentuh hati ini selalu ada korban yang tentunya dengan kesaran yang tinggi setiap pengguna jalan mengutamakan keselamatan jiwa.

Tips Mudik 2017 Bersama WartaSolo.com

Tips Aman Mudik Tahun Ini Versi WartaSolo.com Pertama Tentukan Tujuan Anda


WartaSolo.com memberikan pantauan akan kebutuhan para pemudik untuk selalu tetap waspada dan fokus dalam menikmati perjalanan pulang kampung. Berikut tips aman dan lancar mudik bersawa WartaSolo:

Sebelum perjalanan:

  1. Untuk selalu memperhatikan kondisi rumah Anda yang menunjukkan sedang tidak berpenghuni. Hal ini dengan maksud tidak menarik perhatian pelaku kejahatan. Sebagai contoh bila berlangganan koran, jasa servise dan lainnya untuk tidak mengirimkan koran dan lainnya itu selama mudik.
  2. Biarkan lampu menyala sesuai seperti Ada penghuninya. Hal ini mengurangi agar kesan rumah kosong tidak terjadi. Solusinya mudah untuk saat ini bisa memasang lampu otomatis yang dapat mati dan menyala sendiri dengan pengaturan waktu yang diinginkan.
  3. Selanjutnya bisa juga dengan meletakkan sepatu, sandal, atau peralatan harian Anda bekerja di depan pintu rumah. Agar tampilan rumah tetap berisi penghuni terhaga.
  4. Amankan brang-barang berharga selama mudik. Atau tidak menaruh barang mahal dan berharga di dalam rumah yang ditinggal mudik. Gunakan fasilitas penitipan barang berharga seperti bank, dan lainnya untuk menyimpan barang tersebut.
  5. Hindari meninggalkan kunci rumah cadangan di sekiatar rumah seperti di bawah pot, keset atau tempat-tempat tertentu lainnya.
  6. Pastikan matikan semua listrik dan terlepas dari colokan yang tidak digunakan semisal AC, TV, kulkas, kipas. Tujuannya agar terhindar dari arus pendek (konslete dan lainnya).
  7. Manfaatkan fasiliatas warga yang sudah menjadi hasil musyawarah warga misalnya dengan adanya keamanan warta saat mudik, bisa juga jasa satpam, dan tetangga yang memang sudah terpercaya. Kontrol dan cek pihak-pihak yang selama mudik menjaga rumah Anda.
  8. Manfaatkan teknologi terbaru dengan memasang Alarm Security bila memang diperlukan. Atau juga memasang kamera CCTV.

BACA JUGA: 

Menjelang dan saat di perjalanan:

  1. Pastikan siap sebelum perjalanan dimulai. Tentukan tujuan ke mana Anda akan mudik dan fokus. Ini agar tidak menjadi bias yang kadang kala pemudik ingin mampir kesana kemari.
  2. Istirahatlah setiap perjalanan 4 jam bila menyertir mobil maupun kendaraan motor lainnya.
  3. Kunjungi dan manfaatkan pos-pos jaga saat pulang kampung di setiap sisir jalan.
  4. Aktifkan GPS, di situ Anda bisa memonitoring arus lancar (merah, biru), setengah lancar (orange/kuning) maupun kondisi macet (merah) dan juga bisa memakai aplikasi lain semacam waze, google maps, dan lainnya.
  5. Tidak tergesa-gesan dan tetap menikmati perjalanan.
  6. Selalu berdoa sejak awal, tengah, dan sampai akhir perjalanan.

Semoga tips mudik 2017 versi WartaSolo.com bermanfaat dan selamat menikmati perjalanan mudik yang aman dan lancar. Baca Juga: Kata Ucapan Menyambut Lebaran 2017 438H. [M. Anis – WartaSolo,com]