Manfaat Penting Minyak Nilam: Melawan Depresi Hingga Demam



Manfaat Penting Minyak Nilam Melawan Depresi Hingga Demam3

Manfaat Penting Minyak Nilam: Melawan Depresi Hingga Demam. Tanaman nilam sangat tumbuh subur di Indonesia. Nilam adalah suatu tumbuhan semak tropis penghasil salah satu jenis minyak atsiri yang dinamakan minyak nilam. Dalam perdagangan internasional, minyak nilam dikenal sebagai minyak hijau atau minyak daun karena minyaknya disuling dari daun. Fungsi minyak nilam yang memiliki aroma yang sangat kuat telah berabad-abad digunakan sebagai bahan membuat wewangian (parfum), bahan dupa atau setanggi terutama pada tradisi orang timur.

Nilam merupakan tanaman asli daerah tropis di Asia, dan kini secara luas dibudidayakan di Cina, India, Malaysia, Indonesia, Mauritius, Filipina, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Senyawa yang terkandung dalam minyak nilam (patchouli oil) termasuk alpha patchoulene, beta patchoulene, alpha guaiene, alpha bulnesene, caryophyllene, norpatchoulenol, patchouli alcohol, seychellene dan pogostol.

Manfaat Penting Minyak Nilam. Ekstraksi minyak atsiri nilam (patchouli essential oil) dilakukan dengan destilasi uap dari daun. Dinding sel harus terurai melalui panas uap, fermentasi cahaya atau pengeringan daun. Daun nilam dapat dipanen beberapa kali dalam setahun, dan biasa dijual atau diekspor dalam kondisi kering untuk kemudian didistilasi. Aroma kuat dari minyak nilam telah digunakan selama berabad-abad dalam parfum, dupa, penolak serangga dan obat-obatan alternatif.

Minyak nilam (patchouli oil) juga biasa digunakan untuk perawatan kulit karena kemampuannya meringankan masalah kulit, dan dianggap sebagai salah satu pengobatan rumah terbaik untuk jerawat, eksim, peradangan, dan kulit pecah-pecah atau teriritasi. Minyak ini memiliki sifat meremajakan sel sehingga sering digunakan dalam perawatan anti-penuaan kulit, serta bisa digunakan untuk mengurangi tampilan bekas luka atau tanda lahir pada kulit.

Sifat antijamur minyak nilam membuatnya berguna dalam mengobati kutu air dan bermanfaat meringankan peradangan yang disebabkan oleh infeksi. Minyak nilam (patchouli oil) juga membantu meringankan ketombe di rambut karena menyeimbangkan minyak pada kulit sekaligus menjaga kekuatan rambut.

Manfaat Penting Minyak Nilam

Beberapa manfaat penting minyak nilam (patchouli essential oil) antara lain sebagai berikut:

  1. Melawan depresi
  2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  3. Bekerja sebagai deodoran alami
  4. Menghentikan pertumbuhan jamur
  5. Mengurangi peradangan
  6. Meningkatkan suasana hati
  7. Memperkuat rambut
  8. Melawan infeksi
  9. Menghilangkan ketombe
  10. Merawat kulit secara umum
  11. Menolak serangga
  12. Merangsang hormon
  13. Mengurangi demam

Penjelasan lengkap manfaat dan kegunaan Patchouli Oil (minyak nilam) bisa disimak halaman berikutnya di WartaSolo.

Efek Samping Patchouli Oil

  • Minyak nilam (patchouli oil) dianggap aman bila digunakan dalam jumlah kecil.
  • Minyak ini bisa digunakan sebagai suplemen makanan, tapi tidak disarankan untuk anak-anak berusia di bawah 6 tahun.
  • Tidak terdapat banyak bukti ilmiah yang mendukung keamanan penggunaan minyak nilam untuk anak-anak dan wanita yang sedang hamil atau menyusui.
  • Karena bekerja sebagai obat penenang, menggunakan minyak nilam dalam jumlah besar dapat mengubah tingkat energi tubuh.
  • Minyak ini juga dapat menyebabkan sensitivitas bila digunakan secara topikal dalam jumlah besar.
  • Sebelum menggunakan minyak nilam, encerkan dengan sejumlah kecil air untuk memastikan tidak terjadi reaksi negatif.

BACA JUGA:

Minyak nilam memiliki peluang bisnis yang menggiurkan. Selain manfaat penting minyak nilam ada juga peluang usaha investasi nilam merupakan salah satu peluang usaha yang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Kesempatan di Indonesia memang sangat terbuka. Untuk perhitungan modal peluang usaha investasi nilam ini yang pertama perlu diperhitungkan dari alatnya dulu.

Direncanakan mau memproduksi berapa banyak minyak nilam per minggu. Persiapan dan pensettingan alat. Dari situ kemudian diseting luasan lahan tanaman nilam yang dibutuhkan. Untuk paska panen bisa di hubungkan dengan group bisnis setara seperti petani, koperasi dan purna jual. [M. Anis – WartaSolo.com]