Inilah Pertanda Kalau Motor Kamu “Turun Mesin”



Pertanda Motor Harus Turun Mesin

Kamu tentu pernah dengar istilah turun mesin bukan pada motor? Hal itu merupakan kondisi di mana motor sudah mengalami rusak parah dan harus segera diganti baik itu dari komponen mesin hingga spare part motor. Jika sudah terjadi mau tidak mau, motor kamu yang turun mesin harus dibongkar total dan dilihat apakah ada masalah lainnya yang terjadi atau tidak.

Kondisi inilah yang paling ditakutkan oleh para pemilik kendaraan roda dua. Karena jarangnya melakukan service dan pengecekan berkala sehingga masalah ini luput dari hadapan mereka hingga akhirnya harus merogoh kocek yang dalam untuk biaya perbaikan motor.

Pada dasarnya hal ini cukup banyak terjadi, entah karena kesibukan para pemiliknya, rasa tidak mau tahu ataupun alasan lainnya membuat mereka tidak punya waktu untuk mengecek motornya sendiri, padahal hal ini harus dilakukan.

Sebaiknya sadari segera, jika motor kamu sudah mengalami beberapa hal ini, itu pertanda bahwa motor kamu harus segera dibawa ke bengkel.

1. Keluar Asap Putih Tebal

Tanda-tanda Motor Turun Mesin

Ketika kamu menyalakan motor dan keluar asap putih tebal dengan bau yang cukup mengganggu, itu merupakan salah satu indikasi bahwa mesin motor kamu sudah “turun”. Hal ini kemungkinan terjadinya karena besar ring piston-nya mengalamai kerusakan serius sehingga mengakibatkan oli masuk ke ruang pembakaran yang menimbulkan asap putih tebal.

Indikasi ini banyak ditemui, sehingga motor kamu mengeluarkan asap putih sebaiknya jangan ditunda lagi untuk membawanya ke bengkel. Banyak orang yang mengabaikan hal ini pada motor mereka, dan ketika di bawa ke bengkel mereka menyesal karena harus mengeluarkan uang yang lebih mahal daripada biaya service biasanya untuk mengganti berbagai komponen yang rusak.

2. Tarikan Mesin Tidak Bertenaga

Ciri-ciri Motor Turun Mesin

Ketika kamu sudah berjalan cukup jauh dari rumah, apakah kamu merasa ada yang berbeda dengan tarikan mesin motor kamu? Apakah ada tenaganya? Atau terasa ringan sekali dan cenderung lari motor begitu lambat?

Kalau itu benar, ini juga menjadi salah satu indikasi bahwa mesin motor kamu sudah terlalu buruk dan harus di service agar bisa kembali seperti semula. Jika dibiarkan terus, kamu harus menerima kenyataan suatu saat bahwa motor yang kamu gunakan tidak akan bisa memiliki performa terbaiknya.

3. Oli yang Bocor

Gejala Motor Turun Mesin

Jika kamu sering melihat bahwa oli menetes dari motor kamu, segera bawalah ke bengkel. Jika hal ini dibiarkan terus tanpa ada penanganan, maka komponen-komponen di dalamnya pun akan aus dan rusak sehingga akan memperpanjang daftar kerusakan yang ada.

Jadi, apapun yang kamu curigai atau kamu lihat ada sesuatu yang tidak beres, sebaiknya jangan anggap sepele. Sama prinsipnya seperti mobil yang memiliki indikasi turun mesin. Jika kamu bisa memperbaiki sendiri, sebaiknya perbaikilah segera. Tapi jika memang kamu tidak bisa, jangan tunda lagi untuk segera dicek di bengkel, sehingga kamu bisa mencegah agar tidak terjadi turun mesin pada motor ataupun mobil kamu sendiri.