Tips Mengajari Anak Belajar Membaca, Ciptakan Suasana Yang Menyenangkan Agar Anak Lebih Tertarik

Tips Mengajari Anak Belajar Membaca, Ciptakan Suasana Yang Menyenangkan Agar Anak Lebih Tertarik


Tips Mengajari Anak Belajar Membaca, Ciptakan Suasana Yang Menyenangkan Agar Anak Lebih Tertarik. Cara mengajari anak membaca merupakan salah satu hal yang harus mendapatkan perhatian dari orangtua. Meskipun kurikulum yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan kalau anak saat duduk di bangku playgroup atau taman kanak-kanak tidak diperbolehkan untuk belajar CALISTUNG ( membaca, menulis dan menghitung), pada kenyataannya kita seringkali dipusingkan karena masih banyak sekolah-sekolah dasar yang hanya menerima anak yang sudah menguasai CALISTUNG bahkan diadakan pula tes untuk menguji kemampuan anak tersebut. Tes masuk untuk anak masuk ke SD sebenarnya tidak diperbolehkan namun sekolah-sekolah yang sudang mempunyai image malas dengan blak-blakan melakukan berbagai macam tes terhadap calon anak didik mereka tanpa mengerti bagaimana kondisi anak apabila harus duduk diam di kursi untuk mengerjakan osal tes dalam beberapa jam. Lantas bagaimana dengan anak yang belum menguasai CALISTUNG?

Cara Mengajari Anak Membaca


Ada banyak orangtua yang mengupayakan agar anak balitanya yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak untuk bisa membaca dengan lancar dengan berbagai alasan. Takut tertinggal dari anak yang lain, takut tidak bisa diterima di sekolah favorit, takut anak tidak bisa mengikuti pelajaran yang memang seolah didesain hanya bisa diikuti oleh anak yang sudah lancar membaca, dan berbagai jenis kekhawatirannya. Akhirnya apa yang terjadi, hari-hari si Balita mulai terisi dengan berbagai les tambahan untuk memperlancar kemampuan membacanya. Beban kepada anak menjadi semakin berat. Masa anak-anak seharusnya diisi dengan kegiatan bermain justru dihabiskan untuk kegiatan les berbagai macam pelajaran.

Apakah hal seperti itu salah? Ya, jika memang dipaksakan dan tidak melihat kemampuan tiap anak. Tapi bisa jadi tidak salah, asalkan dilakukan dengan mengandalkan kreatifitas. Misalnya proses belajar membaca dilakukan sembari bermain dan dibuat menyenangkan. Cara-cara kreatif seperti ini harus bunda lakukan agar anak tidak merasa terbebani dengan “target” mampu membaca, tapi justru anak akan merasa senang dan bahagia.

5 Tips Menyenangkan Mengajari Anak Membaca

Mengajarkan hal yang baru bagi anak, membutuhkan tingkat kesabaran ekstra baik bagi guru maupun orangtua. Ingat ya bund, tidak boleh ada unsur paksaan apalagi tekanan saat mengajarkan anak membaca. Orangtua juga tidak bisa hanya menyerahkan sepenuhnya kepada sekolah, sebaliknya orangtua juga harus berperan aktif untuk mengajari anak membaca dirumah. Berikut ini ada 5 tips yang bisa Mak lakukan untuk mengajari anak membaca dengan cara yang menyenangkan.

Membaca Buku Cerita

Hampir setiap anak pasti menyukai membaca buku, apalagi buku yang menarik dengan berbagai gambar dan karikatur. Jadi, pilihkan buku cerita bergambar. Pada mulanya, membaca dilakukan untuk membantu si kecil menambah perbendaharaan kata nya, sehingga nanti saat dikenalkan pada kata-kata, anak sudah tidak asing lagi mendengarnya. Di fase selanjutnya saat kemampuan membaca anak sudah mulai terasah, Mak bisa ajak anak untuk membaca setiap kata yang tertulis dalam buku ceritanya sambil menceritakan keseluruhan cerita yang ada.

Menggunakan Media Kartu Baca

Kartu baca atau yang lebih dikenal dengan flash card adalah salah satu media yang bisa Mak gunakan untuk mengajari anak dengan cara yange menyenangkan sambil bermain. Kartu baca bergambar ini biasanya sangat disukai anak-anak. Ada beragam jenis flash card, misalnya kartu yang berisikan nama-nama hewan, benda di sekitar kita, buah, sayuran, angka, abjad,huruf hijaiyah dan lain sebagainya. Dengan menggunakan Flash card, Mak bisa mengenalkan setiap objek, angka dan huruf kepada anak. Tidak hanya mengenalkan objek atau benda, kini tersedia juga berbagai pilihan flash card yang mengenalkan suku-suku kata, sehingga secara langsung mengajai anak untuk bisa mahir membaca. Kita bisa menjadikan flash card berbagai permainan yang menyenangkan sembari belajar pengenalan benda.

Membaca sambil bernyanyi

Mau mengenalkan huruf-huruf kepada anak? cara nya mudah sekali, bernyanyilah. Meskipun suaranya gak  terlalu bagus, itu sama sekali bukan masalah Mak. Yang terpenting, anak sangat suka bernyanyi. Jadi yuk sering-seringlah ajak si kecil bernyanyi  lagu abjad/ huruf, pasti dalam waktu singkat anak sudah mahir mengenali dan hafal setiap huruf.

Belajar Menggunakan Karpet Huruf

Ada berbagai pilihan media yang bisa Mak gunakan untuk mengajari anak membaca, salah satunya memanfaatkan karpet huruf. Pilihlah karpet yang berdesainkan huruf-huruf, jadi saat anak bermain diatasnya secara tidak langsung Mak juga bisa ajak anak untuk mengenali dan menghafal setiap huruf yang terttulis diatasnya.

Membaca Via Gadget

Ini cara yang bisa jadi paling menyenangkan untuk anak, tapi harus tetap dibatasi penggunaannya. Gagdet memiliki berbagia fitur menarik yang bisa Mak manfaatkan sebagai media pembelajaran. Melalui gadget, Mak bisa mengunduh berbagai aplikasi pembelajaran di playstore, googlestore atau bbm store. Jangan lupa untuk selalu  mendampingi si kecil saat menggunakan gadget dan batasi lama penggunaannya ya. Terlalu lama menggunakan gadget, justru bisa memberikan dampak dampak negatif lainnya.

Membaca Segala Sesuatu Yang Ditemuinya Diperjalanan.

Banyak pamphlet, spanduk yang berada dipinggir jalan ajak anak untuk berlomba membaca siapa yang paling cepat dia yang menang.

Demikian tadi tips mengajari anak membaca dengan menyenangkan, jangan ada paksaan dan tekanan pada anak agar anak tidak trauma dengan apa yang dikerjakannya. Semoga tips diatas bermanfaat. Baca Juga: Tips Jitu Melatih Anak Bicara Dengan Lancar serta Tips Mengajari Anak Berjalan [YuQe-WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...