WartaSolo.com – Selain bermanfaat untuk sistem pencernaan ternyata kandungan serat yang terdapat dalam makanan juga berguna untuk menjaga dan memperbaiki kesehatan jantung. Dari hasil sebuah penelitian menyarankan supaya kita perbanyak konsumsi serat untuk mejaga kesehatan jantung.

“Orang yang rajin mengkonsumsi serat dengan jumlah yang banyak akan memiliki kesempatan yang lebih rendah untuk terkena penyakit jantung hingga 25% dibandingkan dengan mereka yang makan sedikit serat,” jelas para peneliti seperti dikutip Warta Solo dari situs India Times, Rabu (7/5/2014)


Para peneliti di harvard School of Public Health mendapatkan kesimpulan dengan menganalisis data yang melibatkan sekitar 2.258 pasien perempuan dan 1.840 pasien laki-laki yang mampu bertahan dari serangan jantung ringan. Pasien bisa sembuh dari serangan jantung ringan dengan memperbaiki pola hidup dengan banyak makan makanan sehat dan memperbanyak konsumsi serat.

Kandungan serat dalam makanan bermanfaat untuk tubuh dan mampu meningkatkan kadar lipid darah dan mengurangi risiko penyakit darah tinggi. Serat juga dapat menyerap kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga jantung Anda pun lebih sehat.

Bagimana? Mulailah merupah pola hidup dengan makan makanan sehat dan kaya akan serat supaya anda terhindar dari sakit jantung. Jaga jantung anda mulai dari sekarang.