WartaSolo.com – Chile diguncang gempa dengan kekuatan 8,2 SR yang berpotensi tsunami pada selasa malam 1 April 2014 waktu setempat. Gempa tersebut sempat membuat panik penduduk karena berpotensi tsunami. Peringatan tsunami dikeluarkan untuk Cile, Peru dan Ekuador.

Pihak berwenang juga memerintahkan untuk evakuasi diseluruh garis pantai negara tersebut. Menurut badan Geologi Amerika Serikat gempa terjadi sangat dangkal yakni dengan kedalaman 10 km dibawah laut, tepatnya 99 km barat laut pelabuhan pertambangan Iquique.


Seperti dikutip Warta Solo dari New York Post, Rabu (2/04/2014) seorang otoritas setempat menyebutkan gempa yang terjadi sangat kuat bahkan sampai ke La Paz, ibukota Bolivia yang berjarak 290 mil atau 466km.

Akibat gempa yang terjadi di Chile peringatan tsunami dikeluarkan oleh Badan Peringatan Tsunami Pasifik untuk semua penduduk yang berada di pantai Pasifik Amerika Latin. Sedangkan Badan Keselamatan Darurat Chile pun memperingatkan tsunami akan melanda Pulau Robinson Crusoe dan Kepulauan Juan Fernandez, Chile.

Gempa dengan kekuatan besar diketahui pernah menerjang Chile pada tahun 2010 lalu yang mengakibatkan lebih dari 220 rumah hancur dan lebih dari 500 orang meninggal. Sama halnya pada tahun 1960 Chile juga pernah terjadi gempa dengan kekuatan 9,5 SR dan mengakibatkan kurang lebih 5000 orang tewas.