Penyebab Ketombe Bersarang Dikepala Kita

Penyebab Ketombe Bersarang Dikepala Kita

Penyebab Ketombe Bersarang Dikepala Kita. Ketombe merupakan masalah kepala yang membuat kulit kepala terasa gatal. Ketombe bisa muncul pada semua kalangan anak-anak, dewasa bahkan orang tua. Munculnya ketombe di kulit kepala dipengaruhi beberapa hal diantaranya karena kulit kering, dermatitis, seboroik, jarang membersihkan rambut dan kulit kepala/ keramas, terlalu sering keramas, psoriasis, eksim, alergi/ kulit terlalu sensitive terhadap produk perawatan rambut tertentu, . tapi yang paling sering terjadi ketombe muncul karena kulit kepala yang terlalu kering.

Memiliki kulit kepala yang berketombe memang sangat mengganggu kita, karena hal ini dapat menyebabkan kulit kepala terasa gatal. Selain itu membuat penampilan kurang percaya diri. Karena apabila kita menggunakan baju yang gelap takut ketombe akan jatuh dan terlihat oleh banyak orang. Berikut penyebab ketombe yang dijelaskan secara rinci

  1. Faktor jenis kulit kepala

Setiap orang memiliki jenis kulit kepala yang berbeda-beda, sehingga cara mengatasinya pun berbeda. Untuk itu, sangat disarankan mengkonsultasikan dan memeriksakan kulit kepala anda sehingga dapat diketahui bagaimana cara yang baik untuk mengatasinya.

Penyebab Ketombe Bersarang Dikepala Kita

  1. Mengalami kepanasan pada kulit kepala

Kulit kepala yang mengalami kepanasan dapat memicu timbulnya ketombe, ini dapat disebabkan rambut terlalu lama kepanasan dibawah terik matahari, penggunaan hair dryer yang keseringan setiap setelah mandi dan juga dapat disebabkan oleh penggunaan penutup kepala dalam keadaan rambut yang masih basah. Maka, jika hendak menggunakan penutup kepala seperti kerudung, topi, helm tunggulah sampai rambut anda kering dengan sendirinya untuk mencegah pertumbuhan ketombe.

  1. Sisa busa shampoo

Jika anda sedang melakukan keramas, bersihkanlah sisa shampo sampai benar-benar bersih dan tidak tersisa. Hal ini dikarenakan, sisa shampo yang masih menempel pada kulit kepala dan menyebabkan munculnya ketombe.

  1. Faktor makanan

Faktor makanan pun dapat menyebabkan timbulnya masalah si putih ini, ini dikarenakan jika kekurangan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi dan vitamin B dapat beresiko mengalami masalah si putih.

  1. Stres

Seseorang yang sering mengalami stres tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan seseorang, tetapi juga sangat rentan memiliki masalah ketombe. Hal ini dkarenakan adanya perubahan hormon di dalam tubuh, sehingga mengakibatkan perubahan pada kondisi kulit kepala anda.

  1. Jarang atau terlalu sering keramas

Kondisi ini merupakan kondisi yang umum terjadi pada seseorang yang memiliki masalah dengan ketombe, penggunaan shampo terlalu sering dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering, sehingga sangat mudah untuk tumbuhnya ketombe pada kulit kepala kita. Terlebih jika jarang berkeramas, kulit kepala akan mengalami penumpukan kotoran yang dapat dijadikan sebagai sarangnya ketombe. Lakukanlah keramas secara rutin 2 hari sekali, gunakan merk shampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala dan rambut anda sendiri.

  1. Penggunaan produk yang salah

Piihlah jenis produk perawatan rambut seperti shampo, kondisioner, vitamin rambut atau jenis produk lainnya yang sesuai dengan jenis kulit kepala anda sendiri. Hal ini dikarenakan, jika salah dalam memilih jenis produk perawatan rambut dapat menyebabkan masalah ketombe lebih parah lagi.

Nah itu tadi pembahasan mengenai ketombe dan penyebab ketombe. Mulai sekarang jangan takut ketombe bersarang di kulit kepala kita. karena kita bisa mencegah ketombe sedini mungkin. Mencegah lebih baik dari pada mengobatikan. Semoga bermanfaat. [Yuni – wartaSolo.com]