Wonogiri, WartaSolo.com – Jatah beras untuk rakyat miskin atau yang lebih dikenal dengan istilah Raskin akan dipercepat untuk wilayah Kabupaten Wonogiri. Seperti yang kita ketahui, Raskin adalah beras jatah beras yang disediakan oleh pemerintah khusus untuk rakyat yang kurang mampu.

Berdasarkan informasi yang telah dihimpun, penyaluran Raskin atau jatah berasi untuk rakyat kurang mampu di wilayah Wonogiri akan dipercepat. penyaluran Raskin yang seharusnya dilakukan pada bulan November dan Desember 2014 mendatang, rencananya akan dimajukan pada bulan Maret atau April 2014.


Mengapa penyaluran jatah beras untuk rakyat kuarng mampu in dipercepat? Berdasarkan informasi dari pemerintah setempat, hal ini dilakukan karena adanya surat edaran dari pemerintah pusat ang tertuang dalam surat Menko Kesra Agung Laksono nomor B.23 MENKO/KESRA/II/2014 tanggal 7 Februari 2014 kepada para gubernur dan bupati/walikota se Indonesia.

Melalui surat yang tembusannya dikirim ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan sembilan menteri ini berisi himbauan pada Pemkab dan Pemrov untuk segera mendistribusikan Raskin dengan menggunakan biaya transportasi dari APBD masing-masing untuk menyalurkan Raskin dari titik distribusi hingga RTS-PM (Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat).

Berdasarkan informasi dari Stefanus Pranowo selaku Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Wonogiri, jumlah RTS-PM yang akan menerima jatah Raskin pada bulan Maret dan April ini mencapai 70.569 atau KK. Setiap KK akan menerma jatah Raskin masing-masng sebanyak 30 kilogram.

“Hal ini kami lakukan bersama Bulog sesuai intruksi Menko Kesra dari hasil Rapat Kabinet Terbatas yang dipimpin presiden. Karena percepatan Raskin program pemerintah pusat kita di daerah tinggal melaksanakan saja,” kata Stefanus Pranowo, seperti yang dilansir dari Timlo pada Minggu (02/03/2014).