WartaSolo.com – Smartphone Nokia X dengan sistem operasi Android secara resmi telah diperkenalkan di ajang MWC 2014 dan tersedia dalam 3 varian, yakni Nokia X, Nokia X+, dan Nokia XL. Penjualan smartphone Nokia X Android ini ditargetkan mencapai 16 juta unit selama tahun 2014 ini, mampukah target ini terlampaui?

Salah satu alasan pabrikan asal Finlandia yang kini telah diakuisisi Microsoft ini adalah karena Nokia X membidik pasar entry-level dan menawarkan spesifikasi yang cukup bersaing. Selain itu, harga jual Nokia X Android kemungkinan besar berada di bawah Rp 1,5 juta, sehingga terjangkau oleh banyak kalangan.


Tak hanya itu, Nokia juga menghadirkan smartphone Android tersebut dalam tiga varian sekaligus, hal ini akan mengakomodasi kebutuhan pengguna sekaligus membuatnya lebih kompetitif melawan para pesaingnya. Nokia X Android ini juga diklaim dapat menjalankan sebagian besar aplikasi Android.

“Analis strategi memproyeksikan 16 juta unit perangkat (Nokia X series) akan terjual hingga akhir 2014, dan akan melihat faktor-faktor kunci untuk mencapai target ini. Pada titik puncak sebelum menyerahkan bisnis perangkat ke Microsoft, Nokia memiliki satu kartu As terakhir, yaitu keluarga ponsel Nokia X yang berbasis Android,” jelas Scott Bicheno selaku Analis Strategi Nokia

Secara umum, spesifikasi ketiga varian Nokia X ini tak beda jauh, yakni mengusung layar berukuran 4 inci (Nokia X, X+) dan 5 inci (Nokia XL) dengan resolusi WVGA 800 x 480 piksel dan menggunakan sistem operasi Android AOSP yang telah mengalampi perubahan total.

Sisi kinerja, Nokia X Android ini ditopang oleh prosesor dual-core berkecepatan 1GHz dari Qualcomm Snapdragon S4 yang dipadukan dengan pengolah grafis dari Adreno. Nokia X menggunakan memori RAM berkapasitas 512MB, sedangkan Nokia X+ dan Nokia XL menggunakan memori RAM 768MB.

Seperti yang dilansir dari Okezone pada Minggu (02/03/2014), ketiga varian smartphone Nokia X ini mengusung kamera dengan resolusi 5 megapiksel dan dibalut dengan casing berbahan plastik denga varian warna yang menarik.