WartaSolo.com – Samsung Galaxy S5 secara resmi telah diperkenalkan di ajang MWC 2014 lalu dan dibekali dengan kemampuan tahan air dan tahan debu. Kemampuan baru smartphone Galaxy S5 ini membuatnya harus berhadapan langsung dengan flagship Sony Xperia yang lebih dahulu memperkenalkan smartphone Android tahan air dan debu.

Lalu bagaimana tanggapan Sony mengenai kehadiran smartphone Samsung Galaxy S5 yang memiliki kemampuan yang sama dengan Xperia Z2? Produsen asal Jepang ini cukup percaya diri dan tidak khawatir dengan kehadiran Galaxy S5 karena pihaknya pertama kali memperkenalkan kemampuan tahan air dan tahan debu pada smartphone Android.


“Kami tidak khawatirkan mereka (Samsung-red), karena kami sudah lebih mempopulerkan ponsel tahan air,” kata Ravi Nookala, Head of Sony Mobile untuk wilayah Amerika Serikat.

Sony sendiri pertama kali memperkenalkan smartphone Android dengan kemampuan tahan air dan debu melalui seri Xperia Active yang kemudian disusul oleh kemunculan Xperia Go dan Xperia Acro S. Respon pasar terhadap smartphone dengan kemampuan tahan air dan debu ini ternyata cukup baik, lantas Sony melanjutkannya dengan menghadirkan Xperia V.

Tak hanya terhenti pada Xperia V, Sony kemudan menghadirkan flagship yang cukup fenomenal, yakni Xperia Z dan disusul oleh Xperia ZL. Sony juga meluncurkan tablet dengan kemampuan tahan air dan debu melalui seri Xperia Z Ultra.

Generasi terakhir, Sony menghadirkan smartphone Xperia Z1 dan kini dilanjutkan oleh Xperia Z2 yang juga memiliki kemampuan tahan air dan debu dengan sertifikasi IP58 yang berarti dapat digunakan untuk menyelam hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Sedangkan Samsung Galaxy S5 diketahui telah mengantongi sertifikasi IP67 yang berarti dapat menyelam hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Samsung sendiri sebelumnya telah menghadirkan smartphone dengan kemampuan tahan air dan debu melaluia seri Galaxy S4 Active.

Seperti yang dilansir dari Detik pada Minggu (02/03/2014), terlepas dari kemampuan tahan air dan debu, spesifikasi yang diusung oleh Xperia Z2 ini cukup mampu bersaing melawan Galaxy S5.