WartaSolo.com – Mungkin bagi Anda yang sibuk dengan pekerjaan dan harus berangkat pagi-pagi, sarapan menjadi salah satu hal yang sering diabaikan. Sebaiknya Anda pikirkan kembali, karena sarapan memiliki manfaat penting bagi tubuh kita.

Dikutip dari Dunia Fitnes, berikut ini 5 manfaat penting melakukan sarapan :


Meningkatkan metabolisme tubuh
Sarapan sebenarnya berperan sebagai pengganti makanan pada waktu malam yang tak terisi ketika tidur juga sebagai asupan kebutuhan gula anda. Sarapan sangat dibutuhkan untuk mengganti kadar gula yang berkurang di malam hari.

Berguna untuk penurunan berat badan tubuh
Tubuh berpuasa 9 jam pada saat kita tidur, dan ketika bangun Anda akan merasa lapar, di saat itulah sarapan diperlukan. Mengkonsumsi makanan sehat pada saat bangun tidur dapat memberi peningkatan metabolisme tubuh. Sarapan makanan sehat akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lemak pada tubuh Anda.

sarapan pagi

Meningkatkan konsentrasi
Sarapan dapat memperbaiki kemampuan berpikir Anda dan menjaga Anda agar tetap fokus dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas. Selama tidur otak manusia tetap bekerja, dan membutuhkan asupan energi yang cukup, sehingga energi tersebut telah berkurang setelah Anda bangun. Maka diperlukan sarapan untuk mengembalikan energi otak yang berkurang sebagai “bahan bakar” untuk kembali bekerja.

Menambah nutrisi dan meningkatkan energi tubuh
Sarapan menyediakan proporsi asupan total nutrisi sepanjang hari secara signifikan dan menawarkan kesempatan untuk mengkonsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi seperti zat besi, serat dan vitamin.

Mengontrol makan yang berlebih
Dengan sarapan baik, akan menjaga Anda dari rasa lapar, dan mencegah Anda untuk makan berlebih pada siang hari, hal ini sangat baik sekali untuk menjaga berat badan Anda. Makanan yang dikonsumsi pada saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi sepanjang hari.

Berbagilah waktu sedikit untuk tubuh Anda, dengan memberikan sarapan makanan yang sehat agar Anda tetap mendapatkan stamina atau energi dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.