WartaSolo.com – Performa ban Brigdestone tengah ramai dibicarakan di ranah MotoGP musim 2014 ini. Salah satu legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi menilai pada musim ini performa ban dari Brigdestone sangat buruk. Hal tersebut dirasakan The Doctor usai menjalani tes kedua di Sepang.

Dikutip Warta Solo dari laman Okezone, Kamis (27/2/2014), pada tes pertama yang berlangsung 4-6 Februari lalu, Bridgestone sebagai pemasok ban MotoGP menyediakan ban dengan spesifikasi 2013 dan 2014. Namun, pada tes kedua, mereka memilih menggunakan versi 2014.


Rupanya, kualitas ban buatan produsen asal Jepang ini tidak memberikan kepuasan bagi para pembalap. Sebelumnya, teman satu tim Rossi di Yamaha, Jorge Lorenzo juga menyebut ban sangat berbahaya. Bahkan, Vale menilai kondisi ban Brigdestone tak lebih baik dari musim lalu.

Kepada Crash, Rossi menjelaskan bahwa masalah utama saat tes adalah adaptasi YZR-M1 dengan ban baru. Sejak tes pertama, pembalap Yamaha tersebut selalu bermasalah dengan ban versi 2014 terutama ban lunak. Ban tersebut menurutnya tidak lebih baik dari ban musim lalu.

Pada tes di hari pertama, Rabu (26/2/2014), jawara dunia MotoGP tujuh kali ini menjadi tercepat ketujuh dengan catatan waktu tercepatnya 2 menit 1.349 detik. The Doctor pun beralasan bahwa dirinya memang lebih konsentrasi menguji ban.

“Saya tidak bisa memperbaiki catatan waktu karena lebih berkonsentrasi menguji ban keras. Bila menggunakan ban lunak, catatan waktu saya pasti lebih baik. Namun, kami harus lebih cepat lagi jika ingin mengejar selisih waktu dengan Marc Marquez,” ungkap Rossi.

Tidak dipungkiri, memang performa ban turut menentukan keberhasilan seorang pembalap untuk memenangi sebuah balapan.