WartaSolo.com – Smartphone BlackBerry Z3 Jakarta yang telah diperkenalkan di ajang Mobile World Congress 2014 lalu kini sedang diuji oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Ini berarti kemunculan BlackBerry Z3 Jakarta di Indonesia tak akan lama lagi.

Pihak BlackBerry sendiri telah mengonfirmasi bahwa BlackBerry Z3 Jakarta akan mulai masuk pasar pada April 2014 mendatang. Menurut informasi dari situs Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos Informatika, BlackBerry Z3 Jakarta menggunakan kode STJ100-1 dan berstatus ‘Sertifikat Dicetak’.


BlackBerry Z3 Jakarta ini adalah smartphone yang didesain khusus untuk pasar negara berkembang dan dibanderol dengan harga yang terjangkau. berdasarkan informasi yang beredar, BlackBerry Z3 Jakarta ini akan dijual dengan harga di bawah $200 atau kurang lebih Rp 2,1 juta.

Produsen asal Kanada ini membekali BlackBerry Z3 dengan bentang layar sentuh 5 inci dengan resolusi qHD 960 x 540 piksel. Tak hanya itu, BlackBerry Z3 telah menjalankan sistem operasi teranyar perusahaan tersebut, yakani BlackBerry 10.2.1.

Kinerja BlackBerry Z3 ini terbilang lumayan berkat tenaga dari prosesor dual-core berkecepatan 1,2GHz dari Qualcomm Snapdragon MSM8230 yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 1,5GB. Tak hanya itu, kemampuan BlackBerry Z3 dalam memainkan game juga cukup tinggi berkat dukungan pengolah grafis dari Adreno 305.

Konsumen smartphone Tanah Air juga tampak antusias memantau perkembangan BlackBerry Z3 Jakarta. Banyak diantara mereka mengaku penasaran dan tertarik pada BlackBerry Z3 Jakarta. Selain harga yang ditawarkan cukup terjangkau, desain BlackBerry Z3 Jakarta juga cukup elegan.

Seperti yang dikutip dari Detik, Kamis (27/02/2014), smartphone BlackBerry Z3 Jakarta ini rencananya akan diproduksi oleh Foxconn dengan basis produksi di Indonesia dan Meksiko. Foxconn sendiri telah menjalin kerjasama dengan BlackBerry untuk mengembangkan smartphone selama 5 tahun mendatang.