Solo, WartaSolo.com – Jumalah pendaftar SNMPTN untuk Universitas Sebelas Maret Surakarta masih sangat minim. Sampai Rabu (26/2/2014) sore, tercatat jumlah pendaftar PTN ini masih kurang dari 1.000 orang.

Menurut keterangan dari Panitia SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) UNS, Sutarno mengatakan bahwa minimnya peserta ini dikarenakan masih awal awal pendaftaran.


“Sejak dibuka pendaftaran pada 17 Februari lalu, tercatat peminat SNMPTN Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta baru 920 orang. Karena memang masih hari-hari awal pendaftaran, jadi belum banyak,” jelasnya.

Jumlah pendaftar SNMPTN UNS tersebut merupakan hasil rekapan data yang ia terima hingga hari Rabu, (26/2). Pendaftaran ini akan ditutup pada tanggal 31 Maret mendatang, dengan minimnya pendaftar ini maka pemetaan program studi (prodi) belum dapat dilihat dengan pasti.

Pembantu Rektor (PR) I UNS itu menjelaskan, rata-rata peminat prodi di UNS baru 25-40 orang. Bahkan prodi favorit seperti Kedokteran disebutnya baru ada 115 peminat. Diperkirakan kenaikan peminat SNMPTN UNS akan terjadi di pekan terakhir penutupan SNMPTN. Pada saat itu, lonjakan peminat SNMPTN diperkirakan mencapai 4.000-5.000 orang per hari.

“Pada saat pekan terakhir masa pendaftaran, grafik pendaftar bisa melipat dua kali. Awal-awal naiknya baru 1.000-2.000 orang per hari. Nanti ada yang sampai 4.000-5.000 per hari,” terangnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan peminat SNMPTN di masa-masa akhir, Sutarno mengimbau agar calon mahasiswa yang telah mantap dengan pilihannya segera mendaftar SNMPTN. Dengan demikian, pendaftaran SNMPTN tidak menumpuk dan repot di akhir.

Dalam SNMPTN 2014 ini akan ada tiga jalur penerimaan mahasiswa baru UNS meliputi SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi (UMB-PT).

Sutarno menjelaskan bahwa, kuota mahasiswa baru UNS untuk tahun ini, tidak beda jauh dengan tahun kemarin yakni 5.600 mahasiswa. Dengan rincian 50 persen untuk jalur SNMPTN, 35 persen jalur SBMPTN, dan 15 persen jalur UMB-PT.