WartaSolo.com – Melalui acara bergengsi Mobile World Congress 2014, BlackBerry tak hanya memperkenalkan smartphone BlackBerry Z3 Jakarta, tetapi juga BlackBerry Q20. Baru-baru ini muncul penampakan foto dari smartphone BlackBerry Q20 yang dilengkapi dengan trackpad khas perusahaan tersebut.

Berdasarkan foto penampakan yang telah beredar, terlihat bahwa smartphone BlackBerry Q20 ini sangat mirip dengan pendahulunya, yakni BlackBerry Q10. BlackBerry Q20 berbentuk membulat dan dilengkapi dengan keypad QWERTY fisik khas perusahaan asal Kanada.


Tak hanya itu, BlackBerry Q20 terlihat berbeda dari BlackBerry Q10 karena telah menghadirkan kembali trackpad yang sempat menghilang dari jajaran BlackBerry 10. Trackpad pada BlackBerry Q20 menawarkan fungsi yang sama dengan trackpad yang terdapat pada smartphone BlackBerry terdahulu.

Meski telah dilengkapi dengan trackpad, BlackBerry Q20 tetap mengusung layar sentuh untuk memudahkan pengguna dalam melakukan navigasi. BlackBerry Q20 mengusung layar berukuran 3,5 inci, lebih besar dari BlackBerry Q10 yang hanya berukuran 3,1 inci.

VP Global Product BlackBerry, Francois Mahieu, mengatakan bahwa BlackBerry akan menghadirkan 4 kategori produk, yakni Affordable, Classic, High-end, dan Prestige. Dia juga menambahkan bahwa BlackBerry Q20 ini masuk kategori Classic yang menawarkan keypad QWERTY fisik dan trackpad sebagai ciri khasnya.

Smartphone BlackBerry Q20 ini kemungkinan ditenagai oleh prosesor yang lebih cepat dari BlackBerry Q10. Banyak yang meyakini bahwa BlackBerry Q20 akan bertenaha prosesor quad-core. Namun sampai saat ini, pihak BlackBerry masih belum mengungkapkan detail spesifikasi smartphone ini.

Seperti yang dilansir dari Phone Arena (25/02/2014), BlackBerry Q20 diharapkan akan meluncur pada kuartal kedua tahun ini dan membidik pasar smartphone kelas atas.