WartaSolo.com – Jika kita selama ini sering mendengar minum air minimal 2 liter per hari, sebenarnya itu tidaklah cukup. karena cairan yang dikeluarkan orang setiap hari tentunya lebih besar dari itu, sehingga kita membutuhkan cairan yang lebih banyak. Dan terutama bagi orang yang gemar latihan fisik, tentu saja lebih membutuhkan lebih banyak lagi cairan.

Cairan yang dibutuhkan anak – anak dan orang dewasa tentu berbeda. Anak – anak cenderung lebih mudah kehilangan cairan dari pada orang dewasa, sehingga perlu lebih banyak konsumsi air, untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Dan apakan kebutuhan cairan orang dewasa baik itu pria ataupun wanita itu sama?



Menurut dr Rachmad Wishnu Hidayat, Sp.KO yang ditemui saat acara peluncuran Buku Petunjuk Praktis Pemenuhan Kebutuhan Cairan dalam Latihan Fisik 2014, PDSKO (Perhimpunan Kedokteran Olahraga Posko) di Hotel Ritz Carlton, Jl Lingkar Mega Kuningan, Jakarta Selatan menuturkan bahwa setiap orang dewasa itu membutuhkan jumlah cairan yang sama, namun antara pria dan wanita para pria cenderung lebih membutuhkan cairan lebih banyak.

Ini dikarenakan pria memproduksi keringat lebih banyak dari pada wanita, sehingga lebih banyak mengeluarkan cairan. Selain itu masa otot yang dimiliki pria lebih besar serta metabolisme yang lebih tinggi juga menjadi alasan mengapa pria lebih banyak membutuhkan cairan.

Jika diukur secara statistiknya, wanita minimum minum air 2 liter per hari dan pria 2,5 liter per hari. Jadi, sudahkah anda minum air putih hari ini?