WartaSolo.com – Batik Solo Trans (BST) Koridor 2-8 dilakukan uji coba tadi pagi. Tepatnya dimulai jam 05.00 WIB sampai jam 18.00, BST dimulai dengan rute dari Terminal Kartasura sampai Terminal Palur pulang pergi.

Seperti yang disampaikan Yosca Herman Soedradjad selaku Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Surakarta, BST koridor baru dikenakan tarif Rp 2.000 bagi pelajar dan 3.500 untuk penumpang umum. Ada dua sistem pembayaran dari BST ini yaitu single trip dan smart card.



Pengguna smart card tinggal menempelkannya ke card rider yang berada pintu masuk bus. Sedangkan pengguna single trip, akan dipandu oleh pramugari BST. Peluncuran 16 bus diharapkan waktu tunggunya sekitar 10 menit. Sementara jika armada BST Koridor 2 telah lengkap 25 unit, waktu tunggu akan semakin pendek.

Dishub sdan PT BST sendiri akan melakukan sosialisasi dan promosi ke sejumlah sekolah yang dilalui BST Koridor 2. Di antara sekolah yang dilewati BST Koridor 2, yakni SMA Batik 1, SMAN 1 dan SMAN 2 Surakarta, SMK Kristen, SMP dan SMA Warga.

BST yang di-operatori PT. Bengawan Solo Trans ini akan menempuh rute :
– Terminal Kartasura – UMS – Solo Square – Stasiun Purwosari – Gendengan – Lap. Kota Barat – Mall Solo Paragon – Monumen Pers – Stasiun Balapan – RS Triharsi – SD Cemara 2 – SMAN 1 – Hotel Asia – RSUD dr. Moewardi – UNS – Jurug – Terminal Palur – PP

Dengan dioperasikannya BST Koridor 2 ini, maka operasional bus kota yang selama ini melayani rute Kartasura – Palur akan dicabut.

Tidak ada persoalan dengan pengalihan jalur bis kota lama dengan BST Koridor 2 ini, karena operator BST merupakan konsorsium (pembiayaan bersama suatu proyek/perusahaan) dari pemilik bus kota lama yang membentuk lembaga baru bernama PT. Bengawan Solo Trans (BST).

Informasi lebih lanjut bisa ditanyakan langsung ke :
PT. Bengawan Solo Trans / dishubkominfosolo.surakarta.go.id
Telp : 0271 7053531 (sms) / 0271 711292
FB : Bus BST Solo
Twitter : @BusBST_Solo