WartaSolo.com – Setelah sekian lama ditunggu-tunggu kehadirannya dan beberapa kali muncul bocorannya, BlackBerry secara resmi telah meluncurkan smartphone BlackBerry Z3 yang akrab disebut dengan BlackBerry Jakarta di ajang Mobile World Congress 2014 yang dilaksanakan di Barcelona, Spanyol.

BlackBerry Z3 atau BlackBerry Jakarta ini adalah smartphone pertama hasil kerjasama antara BlackBerry dengan OEM Foxconn yang berbasis di China. BlackBerry telah menjalin kontrak kerjasama dengan Foxconn untuk pengembangan smartphone selama 5 tahun ke depan.


Smartphone BlackBerry Z3 sendiri adalah smartphone yang didesain khusus untuk membidik pasar negara berkembang, terutama di Indonesia dan Afrika Selatan. Nama sandi BlackBerry Z3 sendiri sama dengan nama ibukota Indonesia, yakni Jakarta. Spesifikasi BlackBerry Z3 ini juga cukup canggih.

BlackBerry Z3 ini mengusung desain kotak yang agak kaku dengan sudut-sudut lancip seperti smartphone Xperia generasi 2012. Smartphone BlackBerry Z3 ini sama dengan jajaran Z-series lainnya, yakni menggunakan model input full-touchscren dan tak dilengkapi dengan keypad QWERTY fisik.

Produsen asal Kanada ini membekali BlackBerry Z3 dengan bentang layar sentuh 5 inci dengan resolusi qHD 960 x 540 piksel. Tak hanya itu, BlackBerry Z3 telah menjalankan sistem operasi teranyar perusahaan tersebut, yakani BlackBerry 10.2.1.

Kinerja BlackBerry Z3 ini terbilang lumayan berkat tenaga dari prosesor dual-core berkecepatan 1,2GHz dari Qualcomm Snapdragon MSM8230 yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 1,5GB. Tak hanya itu, kemampuan BlackBerry Z3 dalam memainkan game juga cukup tinggi berkat dukungan pengolah grafis dari Adreno 305.

Seperti yang dikutip dari Phone Arena (25/02/2014), smartphone BlackBerry Z3 Jakarta ini akan dirilis di pasar Indonesia pada April 2014 mendatang dengan harga di bawah $200 atau sekitar Rp 2 jutaan.