Resep dan Cara Memasak Sup Lobak Putih, Mudah dan Simpel



Resep dan Cara Memasak Sup Lobak Putih, Mudah dan Simpel

Resep dan Cara Memasak Sup Lobak Putih, Mudah dan Simpel. Aneka sup memang terasa segar. Apalagi Anda membutuhkan variasi terapi makanan berbahan sup seperti Lobak. Sup lobak tak banyak kita jumpai di warung-warung bahkan restoran ternama. Dari bahannya yang alami dan mudah di dapat, resep dan cara memasak sup lobak putih memang dibilang menggoda selera. Bahan Lobak putih adalah sejenis sayuran yang sering dimanfaatkan bagian umbinya.

Manfaat lobak putih baik secara kesehatan dan kuliner membuat sajian sup kali ini terasa spesial. Jenis sayuran ini tidak begitu populer di kalangan umum, sehingga masih banyak para ibu rumah tangga/bunda yang terasa asing untuk memasaknya. Sayuran ini biasanya mudah dijumpai di pasar tradisional maupun di swalayan dan supermarket ternama sebagai bagian dari bahan dapur Anda.

Menilik bahan lobak putih bahwa sejatinya dapat diolah menjadi berbagai macam kudapan sedap, salah satunya adalah sup lobak putih yang cara memasaknya akan kita bahas pada penjelasan dibawah ini. Mulai sekarang bisa Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya sebagai awalan sebelum mengikuti langkah memasak.

Baiklah bunda, seperti apa  bahan dan bagaimana cara memasak sop lobak putih di sini. Silakan simak dengan teliti dan santai agar resep kali ini benar-benar menggoda nafsu makan dan membuat ketagihan.

Resep dan Cara Memasak Sup Lobak Putih, Mudah dan Simpel

Berikut resep dan langkah memasak sup lobak putih terbaru yang mudah dan simpel:

Bahan-bahan Memasak Sup Lobak Putih, Mudah dan Simpel:

  • 250 gram daging ayam, cuci bersih, potong-potong
  • 250 gram lobak putih
  • 1 liter air
  • 1 batang daun seledri, potong kasar
  • 1 buah wortel, potong bulat tipis-tipis
  • 1 batang daun bawang, iris secara halus
  • 5 butir bawang merah, iris tipis-tipis
  • 3 siung bawang putih, cincang sampai halus
  • ½ bawang bombai, iris tipis-tipis
  • 1 ruas jari jahe, kondisikan agar memar
  • ½ sdt merica bubuk segar
  • Gula psr secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Memasak Sup Lobak Putih, Mudah dan Simpel:

    1. Awalnya sialakan kupas tipis kulit lobak putih. Lalu cucilah dengan air hingga bersih dan potong-potong bulat tipis. Tiris dan sisihkan sebentar.
    2. Kemudian rebus ayam hingga empuk dan matang (ayam jawa terasa lebih nikmat). Angkat, tiriskan. Inga jangan buang air kaldunya.
    3. Selanjutnya panaskan minyak goreng ayam hingga muncul warna kuning keemasan. Angkat, tiriskan.
    4. Panaskan ulang minyak goreng tadi. Tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombai, dan jahe hingga layu hingga bau harum menyengat. Masukan daun bawang, tumis hingga matang.
    5. Angkatlah tumisan tadi. Masukan ke dalam panci rebusan kaldu ayam. Aduk hingga rata. Masak dengan api sedang sampai mendidih.
    6. LAngkah penting, masukan lobak putih dan wortel (wortel bisa Bunda kombinasi dengan sayuran lainnya). Bubuhi merica bubuk, gula pasir, dan garam. Aduk rata. Masak kembali hingga air mendidih dan masak.
    7. Masukan pewangi dan penyedap alami seperti daun seledri. Masaklah hingga matang lalu angkat.
    8. Tuang pada mangkuk saji. Tambahkan daging ayam yang sudah digoreng. Hidangkan.

Baca Juga:

Gampang dan simpel kan Bunda? Demikian resep dan cara memasak sup lobak putih kali ini. Semoga memberikan manfaat dan menambah kekayaan citarasa dapur Anda. Simak selalu aneka resep dan masakan update terbaru di kuliner WartaSolo.com. [M. Anis – WartaSolo.com]