WartaSolo.com – Sebagai kota yang sudah memiliki usia 269 tahun, memiliki banyak peninggalan bersejarah. Salah satunya benteng Vastenburg, merupakan arsitektur dan peninggalan Sejarah di Surakarta. Benteng Vastenburg adalah benteng peninggalan Belanda yang terletak di kawasan Gladak, Surakarta. Benteng ini dibangun tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff.

Benteng Vastenburg yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, jantungnya Kota Solo. Benteng ini dibangun untuk mengawasi Keraton Kasunanan Surakarta. Benteng yang pada masa kemerdekaan pernah menjadi asrama militer Brigade Infantri 6, Trisakti Baladaya, dan Kostrad.


Benteng Vastenburg Wisata Budaya Solo


Benteng Vastenburg berdiri di atas tanah seluas 40.000 meter persegi berbentuk bujur sangkar dan pada bagian ujungnya terdapat penonjolan ruang yang disebut seleka (bastion). Benteng dibangun berdekatan dengan rumah tinggal Gubernur Belanda (sekarang kantor Balai Kota Surakarta) di kawasan Gladak.

Tembok benteng yang telah berusia dua abad ini dikelilingi oleh parit sebagai tempat perlindungan. Ada dua pintu depan dan belakang. Menurut cerita dan dokumen sejarah, empat sumur kuno peninggalan Belanda di kompleks Benteng Vastenburg sempat hilang, tapi saat ini sudah ditemukan dan dihidupkan kembali agar bisa dimanfaatkan masyarakat.


View Benteng Vastenburg in a larger map