WartaSolo.com – Mozilla telah menggandeng perusahaan penghasil chipset atau System on Chip (SoC) asal China, Spreadtrum untuk mengembangkan smartphone dengan sistem operasi Firefox OS. Smartphone tersebut diklaim sebagai smartphone termurah dengan harga hanya $25 atau Rp 300 ribu saja.

Sistem operasi Firefox OS sendiri adalah sistem operasi open-source yang dikembangkan oleh Mozilla dengan menggabungkan kernel Linux, mesin render Gecko, dan tampilan antarmuka berbasis HTML5. Firefox OS dikembangkan untuk membidik psar smartphone entry-level.


Dalam rangka memperluas pasar dan meningkatkan popularitas Firefox OS, Mozilla bekerjasama dengan Spreadtrum untuk menghadirkan smartphone termurah. Smartphone tersebut akan ditenagai chipset Spreadtrum SC8621 sebagai dapur pacu utamanya.

Smartphone berbasis Firefox OS termurah tersebut akan dilengkapi dengan bentang layar sentuh berukuran 3,5 inci dengan resolusi 320 x 480 piksel. Kinerja smartphone seharga 300 ribu ini tak terlalu istimewa karena hanya mengandalkan tenaga dari prosesor ARM Cortex-A7 single-core berkecepatan 1GHz dan dikawinkan dengan memori RAM yang cukup kecil, yakni 128MB.

Smartphone hasil kerjasama Mozilla dan Spreadtrum ini akan dilengkapi dengan ruang simpan internal sebesar 256MB dan kemungkinan akan didukung oleh slot microSD untuk menambah daya simpannya. Konektivitas smartphone murah ini patut dibanggakan karena telah didukung oleh 3G HSPA, WiFi, Bluetooth, G sensor, dan fitur hiburan Radio FM.

Mozilla mengungkapkan bahwa smartphone murah ini akan segera dipasarkan di kawasan Amerika Latin dan beberapa negara Eropa yang merupakan basis pemasaran smartphone Firefox OS generasi pertama, seperti yang dikutip WartaSolo dari GSM Arena (23/02/2014).