WartaSolo.com – Semenjak hari pertama dibuka pendaftaran CPNS, situs panselnas.menpan.go.id sampai hari ke-5, Minggu (24/8/2014) masih terlihat sering ngadat. Hal tersebut membuat panselnas CPNS memberikan tenggang waktu sampai dua minggu untuk melakukan pendaftaran, namun setiap instansi bisa mempunyai jadwal yang berbeda.

Pemerintah kembali mengimbau para pelamar CPNS via online untuk tetap tenang bila hari ini belum bisa mendaftar. Setiawan Wangsaatmaja selaku Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengatakan bahwa masing-masing instansi bisa memiliki jadwal berbeda-beda dalam menutup pendaftaran CPNS.


INGAT! pantau juga update info penerimaan CPNS 2017 karena akan dibuka pendaftaran online penerimaan cpns diantaranya adalah penerimaan cpns kemenkumham 2017, dan juga pendaftaran cpns MA 2017 online. Silakan cek dokumen berikut berupa download pengumuman resmi file PDF persyaratan CPNS 2017 kemenkumham dan Mahkamah Agung.

“Hitungannya 14 hari saat pendaftaran dibuka. Misalnya, pendaftaran dibuka 24 Agustus, tutupnya 7 September. 25 Agustus dibuka, tutupnya 8 September,” ungkapnya, Minggu (24/8/2014).

Jadwal yang berbeda ini juga disesuaikan dengan jadwal tes computer assisted test (CAT). Dalam sistem CAT, jadwal setiap instansi tidak sama. “Prinsipnya tes CAT itu setiap hari, karena jadwal instansi juga tidak sama,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Biro Hukum, Komunikasi Informasi Publik KemenPAN-RB, Herman Suryatman mengatakan, untuk pendaftaran online hari ini mulai efektif. Menurutnya, calon pelamar tak perlu khawatir bila hari ini belum bisa mendaftar.

“Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dan tidak akan merugikan masyarakat. Karena itu pula waktu pendaftaran diperpanjang,” ucapnya.

Herman menyarankan masyarakat memahami perubahan sistem lembar jawab komputer (LJK) ke CAT. Sebab, hal itu baru kali pertama diterapkan. “Namanya ini baru kali pertama jadi masih banyak kekurangannya. Tapi paling tidak kita sudah memulai dengan perubahan, ke depan Insya Allah akan lebih baik lagi,” pungkasnya.