WartaSolo.com – Proses pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kali ini semakin ketat. Pelamar umum hanya bisa memilih satu instansi. Hal ini lantaran proses pendaftaran berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta satu jalur melalui laman yang sudah disiapkan pemerintah.

Seperti yang diungkapakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Yogyakarta, Maryoto “Nanti yang digunakan ialah NIK. Jadi tidak bisa mendaftar dobel karena sistem pasti akan menolak,” imbuhnya.


Pendaftaran CPNS dapat dilakukan secara online melalui situs portal nasional panselnas.menpan.go.id  mulai tanggal 20 agustus hingga 3 september 2014. Pastikan instansi mana yang akan anda pilih, karena di tahun ini pelamar hanya dapat memilih satu instansi saja. Dan dalam satu instansi tersebut pelamar dapat memilih tiga formasi yang sesuai dengan bidang pelamar.

INGAT! pantau juga update info penerimaan CPNS 2017 karena akan dibuka pendaftaran online penerimaan cpns diantaranya adalah penerimaan cpns kemenkumham 2017, dan juga pendaftaran cpns MA 2017 online. Silakan cek dokumen berikut berupa download pengumuman resmi file PDF persyaratan CPNS 2017 kemenkumham dan Mahkamah Agung.

Terkait dengan syarat teknis, hampir tidak berbeda dengan penyelenggaraan CPNS pada umumnya. Hanya saja, seperti surat ketengan sehat dari dokter, kartu kuning dan skck baru akan dipersyaratkan jika sudah dinyatakan diterima.

Pemberlakuan sistem single entry memungkinkan pelamar CPNS akan membludak. Selain itu di tahun ini banyak instansi dan lembaga yang membuka lowongan CPNS. Sehingga dapat dipastikan bahwa Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 akan berlangsung sangat ketat.