WartaSolo.com – Langkah-langkah pendaftaran CPNS 2014 secara online di situs resmi panselnas.menpan.go.id mungkin belum banyak diketahui oleh calon peserta tes seleksi CPNS tahun 2014 ini. Padahal hal ini adalah sesuatu yang sangat penting dan harus diperhatikan sehingga tidak akan terjadi kesalahan dalam melakukan pendaftaran CPNS online dan pada akhirnya dapat mengikuti rangkaian seleksi penerimaan CPNS tahun 2014.

Diketahui bersama bahwa pemerintah pada tahun 2014 ini membuka lowongan penerimaan CPNS 2014 untuk 100.000 formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) dimana 65.000 formasi untuk CPNS, dan sisanya melalui Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).


INGAT! pantau juga update info penerimaan CPNS 2017 karena akan dibuka pendaftaran online penerimaan cpns diantaranya adalah penerimaan cpns kemenkumham 2017, dan juga pendaftaran cpns MA 2017 online. Silakan cek dokumen berikut berupa download pengumuman resmi file PDF persyaratan CPNS 2017 kemenkumham dan Mahkamah Agung.

Baca Juga:

Pendaftaran CPNS 2014 sendiri akan dilakukan secara online dan berdasarkan jadwalnya akan dibuka pada tanggal 20 Agustus – 3 September 2014 mendatang. Ketua PAN-RB, Suwardi menghimbau bagi calon pendaftar CPNS 2014 untuk mempersiapkan diri dan mental sebelum pendaftaran.

“Mulai sekarang sudah harus menyiapkan scan-scan dokumen seperti ijazah dan lainnya, pokoknya yang umum kalau melamar kerja. Jangan sudah mepet nanti malah tidak terkejar”ujar Suwardi.

Lalu, bagaimana caranya melakukan pendafaran CPNS 2014 secara online di situs panselnas.menpan.go.id? Bagi calon peserta CPNS 2014 sudah mengetahui cara pendaftaran secara online tidak ada masalah, namun bagi yang belum tahu pasti akan merasa kebingungan dan khawatir jika dalam pendaftaran nantinya terdapat kesalahan dan kekurangan.

Berikut ini adalah cara mendaftar penerimaan CPNS 2014 di panselnas.menpan.go.id secara online:

  1. Pendaftar membuka situs resmi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di alamat http://panselnas.menpan.go.id. Lakukan pendaftaran dengan mengisi kolom NIK, Nama, Email, dan Pilihan Instansi yang Dilamar. Ini baru bisa dilakukan setelah pendaftaran dibuka yaitu 20 Agustus 2014.
  2. Setelah selesai melakukan pendaftaran, pelamar akan mendapatkan Username, Password dan Link (tautan) Pendaftaran Online Instansi yang Dilamar.
  3. Buka Link (tautan) Pendaftaran yang sudah diterima. Pelamar akan melihat tampilan pendaftaran CPNS di instansi yang dituju.
  4. Lakukan Login dengan memasukkan username dan password yang sudah diterima sebelumnya. Lengkapi pendaftaran dan lengkapi dokumen. Kelengkapan dokumen seperti ijazah dan lainnya disampaikan dalam bentuk data dengan format pdf dan di-upload pada kolom dokumen yang sesuai.
  5. Setelah selesai melakukan pengisian dokumen, pelamar akan memperoleh kartu registrasi. Cetak kartu registrasi sebagai bukti telah mendaftar.
  6. Tunggu hasil verifikasi berkas pendaftaran oleh tim verifikator. Hasil verifikasi akan diumumkan dalam situs http://ssc.bkn.go.id atau situs resmi masing-masing lembaga.
  7. Lakukan Login untuk mengetahui hasil verifikasi. Bila lulus verifikasi administrasi, pelamar akan mendapat kartu peserta tes. Cetak Kartu Peserta Test sebagai bukti pelamar telah lulus saringan administrasi dan dapat mengikuti test seleksi CPNS.
  8. Bawa Kartu Peserta Test yang sudah di cetak saat mengikuti tes CAT di tempat yang ditunjuk oleh instansi yang dituju pelamar.

Langkah-langkah dan petunjuk tata cara pendaftaran CPNS 2014 secara online di panselnas.menpan.go.id ini harus Anda perhatikan baik-baik agar tidak ada kesalahan, kekurangan atau kekeliruan dalam mendaftar CPNS. Pastikan juga para calon peserta untuk menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan dalam pendaftaran nanti.