Boyolali, WartaSolo.com – Setelah ditutup abu vulkanis selama beberapa hari akibat meletusnya gunung Kelud. Akhirnya kini Bandara Adi Soemarmo Solo kembali beroperasi kemarin, Kamis (20/2/2014). Bandara dibuka sesuai jadwal yang sudah ditetapkan yakni pada pukul 07.00 pagi. Penerbangan pertama oleh Garuda Indonesia GA 221 tujuan Jakarta pada pukul 07.00 WIB.

Meskipun masih terdapat abu yang beterbangan, itu tidak menjadi masalh karena pihak bandara akan tetap membersihkannya secara kontinyu. Seperti yang diungkapkan Kolonel Pnb. Agus Radar Sucahyo sebagai Komandan Landasan Udara (Danlanus) Adi Soemarmo. “Sejauh ini semuanya berjalan lancar. Meski masih ada sedikit abu vulkanis yang beterbangan ketika pesawat take off itu tidak masalah,”.


Dalam sehari Bandara Adi Soemarmo melayani 23 penerbangan (take off dan landing), dan meskipun masih terdapat sedikit abu vulkanis, Usman sebagai General Manager Bandara mengungkapkan hal ini masih aman. karena berdasarkan informasi dari pihak BMKG bahwa abu vulkanis tersebut akan kembali mengendap setelah 15 menit sehingga tidak mengganggu penerbangan yang biasanya jarak antar penerbangan sekitar 30 menit.

Selain itu pesawat yang selama ini menginap di bandara juga berjalan lancar. Seperti Lion Air tujuan Jakarta, Sriwijaya Air tujuan Jakarta serta Kalstar tujuan Balikpapan. Keberangkatan ketiga pesawat tersebut dari Solo mundur sedikit dari jadwal, hal ini dikarenakan harus menunggu giliran untuk Take Off.