WartaSolo.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menjadwalkan simulasi tes CPNS untuk beberapa kota dalam bulan Juli ini. Salah satunya Bandung, KemenpanRB akan menggelar simulasi Computer Assisted Test (CAT) di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat, Kamis-Jumat, tanggal 3 – 4 Juli 2014.

Simulasi Tes CPNS ini dilakukan untuk memperkenalkan metode tes CPNS dengan bantuan komputer yang akan diterapkan dalam seleksi CPNS di seluruh tanah air pada tahun ini. Berbeda dengan job fair lain, dalam simulasi CAT ini pengunjung perlu membeli tiket.


INGAT! pantau juga update info penerimaan CPNS 2017 karena akan dibuka pendaftaran online penerimaan cpns diantaranya adalah penerimaan cpns kemenkumham 2017, dan juga pendaftaran cpns MA 2017 online. Silakan cek dokumen berikut berupa download pengumuman resmi file PDF persyaratan CPNS 2017 kemenkumham dan Mahkamah Agung.

Simulasi CAT itu akan menempati ruangan serbaguna di kompleks kampus UPI Bandung, yang bisa menampung dua ribu sampai tiga ribu pengunjung. Jadi sambil menunggu antrean, akan dilakukan talk show untuk memberikan penjelasan mengenai berbagai kemudahan seleksi CPNS tahun 2014 ini.

Sebelumnya, simulasi CAT sudah dilakukan di Jakarta dan sekali di Bogor, dalam acara job fair. Dari tiga kegiatan tersebut, tampak antusiasme masyarakat begitu tinggi. Hal itu dapat dipahami, mengingat tahun ini tes kompetensi dasar (TKD) CPNS akan menggunakan sistem CAT seluruhnya.

Dengan mencoba simulasi CAT, diharapkan para peserta menjadi familier ketika nantinya mengikuti tes. Lebih dari itu, diharapkan calon peserta juga bisa lebih berkonsentrasi dan mempelajari kisi-kisi yang akan diujikan dalam tes.

Pemerintah yakin, penerapan sistem CAT akan menjamin pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri sipil (CPNS) yang kompetitif, obyektif, transparan dan bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Selain simulasi CAT, dalam kegiatan tersebut Kementerian PANRB juga menyampaikan berbagai informasi terkait dengan penyelenggaraan seleksi CPNS tahun 2014.

Menteri menambahkan, tahun 2014 akan dibuka 100 ribu formasi pegawai yang terdiri dari 65 ribu PNS dan 35 ribu Pejabat Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Untuk instansi pusat yang akan memperoleh formasi yaitu sebanyak 31 Kementerian dan 40 lembaga. Pemerintah daerah sendiri yang memperoleh formasi sebanyak 28 provinsi dan 383 kabupaten/kota.

Pendaftaran seleksi CPNS 2014 akan dialaksanakan pada bulan Juli dan TKD mulai Agustus 2014. Pendaftaran dilakukan secara online, dengan sistem single entry. Pelamar dapat memilih tiga pilihan jabatan pada satu instansi.

Selain itu, persyaratan pendaftaran juga dipermudah, karena saat mendaftar tidak diperlukan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat keterangan Sehat dan kartu kuning. Persyaratan administrative itu baru diserahkan jika pelamar dinyatakan diterima menjadi CPNS. Dalam seleksi CPNS tahun 2014 ini juga membuka lowongan sebesar 5 persen untuk bagi sarjana dari berbagai jurusan, atau lintas jurusan. Demikian dikutip dari laman menpan.go.id.