WartaSolo.com – Kepala Anda pusing dan dunia tampak berputar-putar? Mungkin ini pertanda Anda terkena Vertigo. Vertigo merupakan suatu kondisi dimana penderita akan mengalami kesulitan berdiri dan bergerak karena merasa sakit kepala yang luar biasa dan dunia tampak berputar-putar. Bahkan kerap kali penderita akan mengalami rasa muntah dan mual.

Dikutip dari Meet Doctor, vertigo juga bisa membuat seseorang kehilangan keseimbangan yang tentunya akan sangat menganggu aktivitas. Vertigo dapat disebabkan oleh beberapa hal, untuk itulah Anda perlu mengetahui apa penyebab seseorang bisa menderita penyakit vertigo seperti di bawah ini:


1. BPPV atau vertigo posisi
Penyebab paling umum seseorang mengalami vertigo adalah adanya gangguan sistem vestibular atau yang sering disebut dengan Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV). Alat keseimbang manusia bersifat dinamis sehingga sangat mudah terangsang oleh gerakan putaran kepala. Bila terjadi debris (batuan kecil) pada alat keseimbangan, maka cairan endolymph akan mengalami dorongan yang lebih besar dari seharusnya dan merangsang alat keseimbangan.

2. Kesulitan melihat
Mata berfungsi sebagai keseimbangan tubuh, sehingga masalah pada penglihatan bisa memicu vertigo.

3. Penyakit meniere
Mengidap penyakit meniere merupakan salah satu terjadinya vertigo. Saat Anda mengalami meniere biasanya Anda akan mengalami pusing kronis disertai dengan gangguan telinga bagian dalam yang menyebabkan sakit kepala.

4. Migren
Migren sebenarnya merupakan jenis sakit kepala tetapi sering mempengaruhi penglihatan juga. Vertigo yang disebabkan migren bisa berlangsung beberapa menit hingga beberapa hari.

5. Penyakit sistem saraf pusat
Sistem saraf pusat mengatur rasa keseimbangan. Gangguan sistem saraf pusat oleh penyakit seperti multiple sclerosis, tumor, kerusakan leher, atau stroke bisa menyebabkan vertigo.

Itulah beberapa penyebab terjadinya vertigo. Saat vertigo kumat, kebanyakan orang beramsumsi bahwa akan merasa lebih baik jika berbaring, padahal vertigo bisa terus berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sekalipun.

Vertigo bukanlah penyakit yang bisa dianggap sepele. Cara yang paling sederhana untuk mencegah vertigo adalah dengan mencegah terjadinya cedera kepala. Gunakan pelindung kepala saat berolahraga atau berkendara. Semoga membantu!