WartaSolo.com – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang lebih dikenal sebagai SBMPTN dilaksanakan tahun ini dengan sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. SBMPTN tahun ini hanya dilaksanakan selama satu hari pada 17 Juni 2014 untuk tes tertulis, sedangkan SBMPTN untuk jurusan dengan tes praktek, dilaksanakan pada 18 dan atau 19 Juni, atau sehari setelahnya.

Panitia nasional SBMPTN pada 14 Juni lalu memberikan surat edaran yang isinya menyampaikan adanya pergeseran waktu pelaksanaan SBMPTN. Waktu istirahat kedua ditambah selama 15 menit. Selain itu disebutkan, istirahat kedua akan berlangsung 11.45 – 13.00 WIB atau 12.45 – 14.00 WITA atau 13.45 – 15.00 WIT penggeseran waktu tersebut tertulis dalam surat yang ditandatangani Ketua Umum Ganjar Kurnia dan Sekretaris Umum Tri Yogi Yuwono.


Menurut panitia, Pergeseran waktu ini dilakukan demi memenuhi berbagai usulan PTN untuk memberikan kesempatan kepada peserta, panitia, maupun pihak-pihak lain yang terkait melaksanakan kegiatan untuk ibadah dan makan siang.

Tidak ada perubahan pada jadwal masuk peserta tes yaitu pada pukul 07.00 peserta tes kelompok Saintek dan Campuran harus sudah masuk di ruang ujian untuk mengisi biodata dan menjalani pemeriksaan identitas.

Pada pukul 07.30 WIB peserta sudah mulai mengerjakan tes kemampuan dasar. Sementara itu, untuk kelompok Sosial-Humaniora baru mulai masuk ruang dan mengisi biodata pada pukul 9.45. Saat kelompok Soshum dan Campuran beristirahat kedua pada pukul 12.45 WIB, kelompok Saintek sudah pulang.