WartaSolo.com – Usai pengumuman kelulusan Ujian Nasional SMA bulan lalu, kini siswa SMP tinggal menunggu pengumuman berikutnya. Dikabarkan 14 Juni menjadi waktu penentu kelulusan bagi siswa Sekolah Menengah Pertama.

Jumlah peserta UN SMP sederajat secara nasional mencapai 3.902.938 pelajar. Sedangkan yang peserta yang ikut Paket B sebanyak 227.743. Mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial.


Dikutip dari Kemendikbud, saat ini proses pemindaian lembar jawaban UN (LJUN) SMP telah rampung tepat sesuai target, yaitu 9 Juni 2014. Selain itu, pengecekan atau verifikasi data dan proses penilaian UN SMP juga telah selesai.

Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa kelulusan ujian nasional (UN) SMP dimajukan dari jadwal semula 14 Juni. Alasannya adalah pada masa itu, berbarengan dengan jadwal kampanye Pilpres 2014. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan tidak ada perubahan itu.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Balitbang Kemendikbud Nizam menjelaskan, pengumuman kelulusan UN SMP tetap berdasarkan POS (prosedur operasional standar). Dari pantauan statistik litbang.kemendikbud.go.id, setiap daerah mendapatkan kelulusan sekitar 99%.

Hasil dari UN SMP ini diharapkan bisa menjadi kunci untuk masuk ke jenjang berikutnya (SMA/sederajat). Dengan memanfaatkan hasil UN ini, penerimaan siswa baru di jenjang SMA/sederajat sudah tidak perlu lagi menggunakan tes tulis lagi. Penerimaan siswa baru di jenjang SMA/sederajat cukup dilakukan dengan seleksi nilai UN.