WartaSolo.com – Buah Grapefruit adalah buah yang memiliki bentuk mirip dengan buah jeruk namun memiliki isi dengan warna merah. Di Indonesia sendiri buah ini belum begitu dikenal, padahal buah ini mempunyai khasiat yang cukup hebat.

Terungkap dalam sebuah penelitian buah grapefruit ternyata mempunya manfaat yang cukup ampuh untuk kesehatan seperti menjaga ginjal sampai menangkal pertumbuhan tumor dan sel kanker. Apa saja khasiat buah grapefruit? berikut ulasannya seperti Warta Solo kutip dari Daily Health Post, Selasa (10/06/2014).


Khasiat grapefruit yang pertama adalah mengontrol metabolisme, kandungan naringenin yang ada dalam grapefruit mampu mengontrol metabolisme tubuh. Namun peneliti dalam hal ini mengingatkan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi grapefruit setiap harinya, cukup satu buah saja perhari untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

Grapefruit mampu mencegah pertumbuhan kista, komponen penting dalam buah grapefruit yakni flavonoid terbukti mampu mencegah pertumbuhan kista. Dari hasil penelitian telah diterbitkan dalam British Journal of Pharmacology mengungkap bahwa flavonoid atau juga disebut naringenin secara efektif mencegah pertumbuhan kista pada ginjal dan beberapa jenis sel kanker.

Manfaat grapefruit yang ketiga adalah mampu mencegah diabetes, kandungan naringerin dalam grapefruit bisa digunakan untuk mencegah diabetes dan mengontrol tingkat kolesterol. Selain itu naringenin dalam grapefruit diketahui dapat meningkatkan oksidasi asam lemak pada lever dan menurunkan produksi kolesterol. Bahkan kandungan flavonoid tersebut juga berkhasiat untuk mengontrol gula darah dan respon tubuh terhadap insulin.

Namun perlu diketahui mengkonsumsi grapefruit tidak boleh dilakukan saat anda sedang mengkonsumsi obat-obatan seperti obat kolesterol (mecavor, lipitor, zocor, vytorin), obat tekanan darah tinggi (adalat, procardia, plendil, nitrendipine), viagra, antihistamine, obat-obat psikiatrik (halcion, valium, tegretol, buspar, zoloft, dan versed).

Konsultasikan dahulu dengan dokter spesialis anda sebelum anda mengkonsumsi grapefruit secara teratur, sehingga anda terhindar dari efek bentrok dengan obat yang anda konsumsi.