WartaSolo.com – Berbicara tentang Solo kaya akan wisata dan budaya. Apalagi dalam urusan kuliner, kota kecil yang dipenuhi masyarakat yang ramah membuat Solo semakin khas. Bagi Anda yang berkunjung ke kota Solo atau Surakarta ini, tidak lengkap jika tidak mencoba kulinernya.

Berikut ini beberapa wisata kuliner Solo yang bisa Anda dapatkan selagi jalan-jalan ke kota ini.



1. Tengkleng Solo
Tengkleng Solo
Tengkleng adalah adalah masakan sejenis sup dengan bahan utama daging atau jeroan atau tulang kambing. Masakan ini berasal dari Solo. Bentuk fisik dari dari tengkleng hampir mirip dengan gulai kambing , tetapi kuahnya lebih encer.

2. Cabuk Rambak
Cabuk Rambak
Cabuk rambak adalah makanan khas dari Solo yang berfungsi sebagai makanan sela. Dibuat dari ketupat nasi yang diiris tipis-tipis, lalu disiram dengan saus wijen yang dicampur kemiri dan kelapa parut yang terlebih dulu disangrai, serta ditambah beberapa potong karak. Oleh penjaja di pinggir jalan biasanya disajikan tidak dengan piring tetapi dengan wadah dari daun pisang yang dilipat dengan cara tertentu (disebut pincuk).

3. Sate Buntel
Sate Buntel Solo
Sate buntel, adalah sejenis sate yang dibuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing lalu dibakar. Bumbu sate buntel terutama adalah merica dan kecap manis.

4. Pecel Ndeso Solo
Pecel Ndeso Solo
Pecel Ndeso Solo adalah nasi pecel yang berasal dari beras merah, dicampur sayur yang berisi dedaunan dan tanaman mulai dari jantung pisang, nikir, daun petai cina, bunga turi dan kacang panjang, sambal wijen putih atau hitam. Disantap bersama belut goreng, wader pari digoreng , telur ceplok, sosis solo, bongko (kacang merah dan kelapa), gembrot (kelapa dan daun simbukan), otak dan iso goreng.

5. Timlo Solo
Timlo Solo
Timlo Solo merupakan hidangan berkuah bening yang terdiri atas sosis ayam yang dipotong-potong, telor ayam pindang dan irisan hati serta ampela ayam. Menu ini disantap dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng. Berbeda dengan daerah lain, Timlo Solo tidak memakai soup dan jamur.

6. Nasi Liwet
Nasi Liwet Solo
Nasi liwet adalah makanan khas kota Solo. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).